Bupati Lantik Dr. Budi Prasetiyo Jadi Sekda Sumbawa 

SUMBAWA – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, didampingi Wakil Bupati Hj. Dewi Noviany, S.Pd, M.Pd, melantik Dr. Budi Prasetiyo, S.Sos, M.AP, sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa.

Pelantilan Dr. Budi Prasetiyo sebagai Sekda ini berdasarkan SK Bupati Sumbawa No. 312 Tahun 2024 tentang pemberhentian dari jabatan tinggi pratama lingkup Pemda Sumbawa.

Pengambilan sumpah jabatan dilaksanakan, Kamis (21/3), di lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Hadir juga sejumlah forkopimda, asisten dan staf ahli, kepala OPD, tokoh agama serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan penghormatan dan apresiasi kepada Ir. Dirmawan, yang telah dengan penuh dedikasi melaksanakan amanah sebagai Pj Sekda.

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kinerja dan dedikasi beliau selama menjabat sebagai Pj Sekda Sumbawa,” ujarnya.

Tak lupa Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada Sekda Sumbawa yang baru dilantik. “Semoga dengan dilantiknya saudara menjadi Sekda, kinerja perangkat daerah kita dapat menjadi lebih baik lagi. Saya berharap saudara dapat terus meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan yang ada di perangkat daerah, tentunya dengan berkoordinasi bersama para asisten daerah,” kata bupati.

Bupati yang biasa disapa Haji Mo itu menegaskan bahwa bahwa pelantikan ini merupakan upaya untuk memastikan kelancaran pelaksanaan program pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Dimediasi Komnasham, Pemda Sumbawa Harap Masalah Cek Bocek VS PT AMNT Segera Rampung 

Karena itu Sekda yang baru dilantik ini diharapkan dapat membawa inovasi dan perubahan positif dalam melaksanakan tugasnya.

Sekda lanjut Haji Mo, juga harus menyadari dalam situasi dan kondisi kehidupan kemasyarakatan saat ini, kewajiban, tugas dan tanggungjawab itu bukan semata-mata melaksabakan tugas-tugas rutin. Tetap hendaknya juga dapat membaca situasi, menentukan langkah-langkah taktis dan strategis dalam rangka menata, membina dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita harus menyadari bahwa tantangan tugas-tugas pemerintah Kabupaten Sumbawa di hari-hari mendatang semakin berat, terutama untuk menangani tuntutan dan harapan masyarakat. Tapi saya yakin saudara Sekda memiliki pengalaman dan kompetensi yang luas, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik,” tandasnya.

Dalam konteks ini bupati menekankan, bahwa pelantikan tersebut bukanlah sekedar seremonial semata. Melainkan sebuah tonggak penting dalam menjaga stabilitas dan kelangsungan pemerintah daerah. “Karenanya saya mengajak seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Sumbawa, baik dari unsur eksekutif maupun legislatif untuk memberikan dukungan penuh kepada Sekda dalam menjalankan tugasnya,” pinta Bupati.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Instruksikan Pengadaan Barang dan Jasa Tahun 2023 Dipercepat 

Lebih jauh bupati menegaskan, bahwa saat ini sedang berada dalam masa yang penuh tantangan. Terutama menjelang pemilihan kepala daerah 2024 yang akan digelar tanggal 27 November mendatang. Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) umgkapnya, harus dijunjung tinggi. ASN merupakan garda terdepan dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan, sehingga perlu dipastikan bahwa setiap langkah dan kebijakan yang diambil bersifat profesional dan tidak terpengaruh oleh kepentingan politik tertentu.

“Saya mengajak seluruh ASN untuk tetap fokus pada pelayanan kepada masyarakat dan menjaga netralitas dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan. ASN harus memberikan pelayanan yang optimal dan tanpa pandang bulu kepada seluruh lapisan masyarakat sesuai dengan semangat pelayanan publik yang adil dan merata,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *