Pengurus Pusat Hibahkan Mobil Tangki Air untuk PMI Sumbawa

SUMBAWA – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa, mendapat hibah satu unit mobil tangki air dari Pengurus Pusat PMI. Kendaraan tersebut diserahkan oleh Kasubbid Sarpras PMI Pusat kepada Ketua PMI Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi Mukhtar, di markas PMI Sumbawa, Kamis (18/11/2021).

Ketua PMI Kabupaten Sumbawa, H. Rasyidi mengaku bersyukur atas diberikannya hibah tersebut. Bantuan itu menurutnya, merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat Sumbawa.

“Alhamdulillah, untuk mendukung kegiatan kemanusiaan PMI, kita sudah menerima hibah satu mobil tangki dari PMI Pusat,” ucapnya.

Seiring dengan itu, kini PMI Sumbawa, memikiki total 2 armada mobil tangki air. Satu berstatus hibah, satunya lagi masih pinjam pakai. “Tadi sudah ditandatangan berita penerimaan hibahnya. Tinggal satu yang kita susul permohonan hibah ke PMI Pusat,” katanya.

Ke depannya mobil tangki ini akan dimanfaatkan sebagai sarana pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat dan dukungan penanggulangan bencana.

Baca Juga:  Rafiq Apresiasi Kinerja Jajaran Polres Sumbawa

”Untuk kebutuhan melayani kegiatan-kegiatan kekeringan, kekurangan air bersih, kemudian support air di tempat bencana. Kan hampir setiap tahun ada kekeringan di mana-mana,” tuturnya.

Mantan Sekda Kabupaten Sumbawa itu, berharap satu unit mobil tangki lainnya dapat segera dihibahkan. Dengan begitu pelayanan menjadi lebih maksimal, mengingat geografis Kabupaten Sumbawa yang begitu luas.

“Sehingga manakala satu ke timur yang baratnya nggak kebagian. Sebenarnya paling cocok tiga lah. Keselatan satu, barat satu, timur satu yah itulah harapan kita,” tandasnya.

Kepala Markas PMI Sumbawa, Iskandar Dinata, turut menyampaikan apresiasi dengan adanya hibah kendaraan dari PMI Pusat ini. Karena PMI Sumbawa, kini resmi memiliki mobil tangki air sendiri.

Ke depan, pihaknya akan menganggarkan biaya untuk operasional. ”Biaya untuk penanganan air bersih untuk masyarakat belum kami cantumkan. Takutnya kemarin itu, kalau dicantumkan mobil tangki (yang pinjam pakai) tiba-tiba ditarik oleh PMI Pusat,” ujarnya.

Baca Juga:  Hari Pertama Operasi Patuh Rinjani di Sumbawa, 100 Pelanggar Terjaring

Selain untuk menyuplai air bersih ke warga, mobil tangki air PMI Sumbawa juga bisa dimanfaatkan untuk membantu menyuplai air ketika terjadi peristiwa kebakaran di dalam kota, bahkan luar kota.

”Bisa digunakan untuk menyuplai air kepada petugas pemadam ketika terjadi kebakaran di dalam kota. Untuk di luar kota, nanti dikoordinasikan dengan instansi terkait,” tandasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *