PWI NTB Kembali Lahirkan 31 Wartawan Berkompeten 

MATARAM – Sebanyak 32 wartawan di NTB mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Nusa Tenggara Barat (NTB). Kegiatan yang berlangsung di Hotel Aston Inn Mataram, 13-14 Desember 2021 ini dibuka Wakil Ketua Dewan Pers, Hendry CH Bangun.

Dalam sambutannya, Hendry mengatakan, pada tahun 2021 ini, Dewan Pers menargetkan 1.650 untuk diuji kompetensi dan telah dilaksanakan beberapa kali. Pada penghujung tahun, Dewan Pers kembali melaksanakannya sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas para wartawan di daerah.

Sebelumnya, pihaknya telah menghubungi 6 Provinsi untuk menyelenggarakan UKW. Namun, hanya Provinsi NTB yang paling siap untuk menggelar UKW. Dari 42 orang yang direncanakan dari berbagai kategori yakni Muda, Madya dan Utama, yang mengikuti UKW mencapai 32 orang. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada PWI NTB, tim penguji dan para peserta yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

Baca Juga:  PT SBS Tegaskan Tetap Taat Aturan, Namun Merasa Terus Diganggu

“Terimakasih kepada Dewan Pers yang terhormat yang telah memfasilitasi kami, dan juga Tim Penguji yang sudah bersedia hadir pada UKW selama 2 hari ini. Alhamdulillah, semua berjalan lancar,” kata Nasruddin Zen, sapaan akrab Ketua PWI saat menutup kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan dari 32 peserta yang mengikuti Ujian Kompetensi, 31 di antaranya dinyatakan lulus ujian atau kompeten. Ia berharap, agar semua peserta yang kompeten mampu menjadi tauladan bagi sesamanya dan menerapkan ilmu-ilmu yang diperoleh saat ujian dalam bertugas.

“Moralitas adalah hal utama, di samping intelektualitas. Keduanya harus berjalan seiring. Dan kita suci seorang wartawan adalah kode etik jurnalistik. Taati dan jalani,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *