Isu-Isu Lingkungan 

Oleh : Maratun Nisa 

Fakultas Agama Islam Mataram 

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 

Univeritas Muhammadiyah Mataram 

Manusia dan lingkungan merupakan dua kata yang tidak dapat dipisahkan, keduanya saling pengaruh mempengaruhi .pengaruh alam terhadap manusia lebih bersifat pasif, sedangkan pengaruh manusia terhadap alam lebih bersifat aktif. Dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya, aktivitas yang dilakukan manusia terhadap alam selalu menimbulkan kerusakan terhadap lingkungan itu sendiri.sebagai mahluk hidup yang mempunyai kelebihan dari mahluk hidup lainnya, manusia mempunyai kemampuan eksploitatif terhadap alam, sehingga mampu merubah alam sesuai dengan apa yang diinginkannya.

Namun demikian walaupun alam tidak memiliki kemampuan aktif eksploitatif terhadap manusia, namun apa yang terjadi terhadap alam akan terasa pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Oleh sebab itu pengelolaan dan pelindungan lingkungan hidup harus sesuai dengan kaidah-kaidah lingkungan tersebut untuk menghindari timbulnya berbagai bencana lingkungan seperti pencemaran lingkungan, banjir, kerusakan hutan, kekeringan sehingga dapat berakibat pada krisis pangan yang berkepanjangan seperti krisis air, krisis energi dan lain-lain.lingkungan yang kita ketahui pada saat ini merupakan bagian dari ekosistem-ekosistem terkecil yang senantiasa memberi manfaat terhadap kehidupan manusia.

Contoh tumbuh sebatang pohon dapat mengurangi polusi udara, memurnikan sumber air dan lain lain. Walaupun begitu lama kenyataan kerusakan lingkungan masih terus terjadi dimana-mana termasuk di Indonesia. Kerusakan terjadi terhadap pada berbagai lingkungan atau ekosistem, sehingga akan menggangu kompenen-komponen yang menyusun suatu ekosistem seperti keaneragaman jenis.

Dengan demikian hal tersebut akan berdampak kepada kepunahan varietas atau jenis hayati dalam suatu ekosistem. Jika dilihat dari ketergantungan manusia terhadap alam atau ekosistem, maka manusia yang sangat membutuhkan ekosistem tampak kurang bijak dalam memanfaatkan lingkungannya. Khusus untuk Indonesia telah terjadi kerusakan pada berbagai tempat dan tipe ekosistem.

Baca Juga:  Pengaruh Kurangnya Ekonomi Keluarga Terhadap Pendidikan Zaman Sekarang 

Dampak kerusakan lingkungan terhadap ekosistem, Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa.dari sudut lingkungan, kekayaan alam tersebut lebih dikenal dengan keanekaragaman hayati, namun demikian, kekayaan tersebut saat ini sedang mengalami degradasi lingkungan yang sangat serius akibat dari perilaku manusia yang tidak bertanggung jawab.perilaku yang tidak bertanggung jawab tersebut terwujud dalam bentuk penebangan hutan secara liar, polisi gas hasil pembakaran bahan bakar fosil dan lain sebagainya.

Semua bentuk perilaku tersebut memberikan sumbangan yang sangat berarti terhadap kerusakan lingkungan, sehingga berdampak kepada degradasi keanekaragaman hayati. Permasalahan lingkungan diindonesia merupakan faktor penting Yang harus dipikirkan mengingat dampak dari buruknya pengelolaan lingkungan semakin nyata saat ini.isu lingkungan adalah dampak negatif dari aktivitas manusia terhadap lingkungan.isi lingkungan sebagai isu kontemporer dalam ilmu hubungan internasional ada sejak masa perang ke dua, faktor terpenting dalam permasalahan lingkungan adalah besarnya populasi manusia.

Isu-isu lingkungan sangatlah penting karena kualitas lingkungan akan mempengaruhi kualitas hidup manusia secara langsung. Selain itu, kualitas lingkungan juga mempengaruhi kualitas manusia hidup di masa mendatang permasalahan lingkungan merupakan peristiwa anomali yang umumnya melibatkan komponen alam. Terjadinya permasalahan lingkungan hidup disebabkan oleh banyak faktor.

Salah satunya faktor manusia. Aktivitas manusia dalam menyokong kehidupan sosial dan ekonominya memiliki adil yang besar adil yang besar dalam menimbulkan kerusakan lingkungan hidup yang berujung dengan menimbulkan sebagai permasalahan kompleks. Seperti yang diketahui, untuk memenuhi kehidupan sosial dan ekonomi, tak sedikit manusia yang mengorbankan kelestarian lingkungan. Seperti yang telah diketahui,isu lingkungan hidup memiliki dampak negatif bagi kelangsungan hidup mahluk hidup, baik pada aspek ekologis, ekonomi, sosial, dan budaya.

Baca Juga:  Implementasi Mandiri Belajar Mendorong Kreativitas Guru dan Siswa 

Dampak negatif yang ditimbulkanpun sangat beragam,mulai dari dampak yang kecil hingga dampak yang kecil hingga dampak besar yang bisa menjadi ancaman serius terhadap kelangsungan kehidupan di bumi.indonesia saat ini sudah memasuki kondisi darurat permasalahan lingkungan hidup sehingga harus segera ditindaklanjuti. Mengingat kondisinya semakin buruk dari waktu ke waktu, maka penanganan isu lingkungan saat ini harus lebih diperhatikan. Untuk menyelesaikan isu lingkungan hidup yang ada, hal utama yang harus dibangun adalah kesadaran berbagai pihak.

Semua pihak harus berhasil menyadarkan bahwa isu lingkungan merupakan hal yang sangatlah penting untuk diselesaikan karena mengancam kelangsungan kehidupan mahluk bumi. Manusia haruslah menjaga lingkungan agar ramah. Lingukan yang sudah di rusak akan mengakibatkan beberapa dampak buruk bagi manusia. Buktinya sudah banyak terjadi di Indonesia. banyak bencana alam yang disebabkan oleh rusaknya lingkungan.

Untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan harus dimulai sejak dini.penanaman sikap menjaga dan merawat lingkungan ditanamkan mulai dari anak-anak sebagai generasi bangsa. Banyak cara mengatasi dampak kerusakan lingkungan hidup yang biasa anda lakukan. Untuk menanggulangi tentunya berbeda-beda dengan pencegahan.karena sudah terjadi maka harus ditanggulangi. Berikut ini berapa cara yang bisa kita lakukan, menerapkan prinsipnya 4R, reboisasi, Bioremediasi, Rehabilitasi lahan, Reklamasi pantai dampak dari permasalahan lingkungan pasti akan mempengaruhi sistem bumi secara keseluruhan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *