Pentingnya Mengenal Dunia Kewirausahaan Diusia Muda 

Oleh : Amanda sofian 

Program Studi  Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 

Universitas Muhammadiyah Mataram 

Indonesia membutuhkan wirausahawan dalam  menciptakan lapangan kerja untuk meningkatkan ekonomi rakyat, dapat kita ketahui bahwa indonesia adalah termasuk negara yang memiliki segudang sumber daya alam yang berlimpah akan tetapi kurang dikelola dengan baik, Oleh karena itu dibutuhkan generasi muda sebagai sumber daya produktif yang memiliki segudang kreativitas dalam mengembangkan sumber daya alam untuk memulihkan ekonomi Indonesia yang semakin hari semakin berkurang. Kewirausahaan ini sendiri adalah usaha untuk menciptakan sesuatu agar mencapai nilai tambah dalam  bentuk ekonomi.

Yang perlu kita ketahui semakin banyaknya populasi manusia diindonesia maka semakin tinggi pula  tingkat pengangguran dan ini akan menjadi permasalah ekonomi yang sulit untuk diperbaiki, tidak bisa kita pungkiri banyaknya pengangguran menjadi salah satu penghambat dalam memajukan perekonomian diindonesia, meningkatnya pengangguran disebabkan oleh terbatasnya lapangan kerja oleh itu, perlunya kita sebagai anak muda yang diharapkan dapat memperbaiki ekonomi diindonesia untuk mengetahui dunia kewirausahaan dalam menciptakan lapangan kerja baru untuk dirinya sendiri dan orang lain, dalam mengenal dunia kewirausahaan kita tidak hanya sekedar beroreantasi untuk mencari dan mengumpulkan uang semata melainkan untuk melatih kita menjadi anak muda yang lebih maju, mandiri dan dan tidak selalu bergantung pada orang lain.

Baca Juga:  Kerjasama Perguruan Tinggi dan Satuan Pendidikan

Tujuan melatih kewirausahaan di usia muda adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak muda agar tumbuh menjadi pemuda yang kreatif dan inovatif. Oleh Karena itu dalam menerapkan kewirausaan kita dapat melakukan tindakan kewirausaan dengan beragam solusi yang pertama mencari atau mengetahui kisah-kisah para pengusaha sukses untuk memotivasi kita dalam memulai usaha. kita bisa mengambil contoh kisah inspirasi seorang usahawan muda yang merupakan salah satu mahasiswa diponegoro yang bernama humam kurniadhiutama yang telah mengekspor usaha rumput lautnya ke Vietnam. Peluncuran ekspor perdananya sebanyak 90 ton senilai US.55.000 atau setara dengan Rp.800 juta. Dimulai dari ketertarikannya pada dunia bisnis yang mula-mula ia bisnis clothing hingga ia menjadi barista sebelum akhirnya ia  memutuskan untuk menjajal ekspor rumput laut kering.

Ada yang unik dari perkataan humam yang sangat menginspirasi bagi kita anak muda yang masih takut untuk memulai bisnis ”merugi dalam hal bisnis itu biasa apalagi saya sebagai mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis. Saya memanfaatkan kesempatan yang ada tersebut untuk belajar, jika ada untung dari bisnis yang saya jalankan itu adalah bonus,” seperti perkataannya, humam memanfaatkan kesempatan itu untuk menekuni bisnis rumputnya yang pada saat itu peluang bisnis untuk eksport rumput laut masih terbuka lebar.

Humam juga mengatakan, awalnya proses untuk petani mencari rumput laut memang sangat  sulit, tapi humam tidak menyerah tetap giat dalam melanjutkan usahanya dengan mencari dan mendatangi langsung petani-petani diserang, banteng, hingga dibeberapa kota dijawa timur. Produk rumput laut terbesar dan terbanyak untuk diekspor sebagian besar diambil dari dari jawa timur, jawa tengah dan sebagiannya lagi di jawa barat.

Baca Juga:  Isu-Isu Lingkungan 

Ide kreatif yang dimiliki humam untuk menjaga kualitas produknya adalah dengan memanfaatan laboratorium kampusnya di universitas ponegoro untuk menguji kandungan rumput sebelum dieksport. Humam mengatakan kunci dalam menjalankan bisnis adalah dengan menjaga integritas dan kepercayaan. Yang kedua kita dapat mengamati langsung kegiatan wirausahawan. Yang ketiga melakukan uji coba atau praktek lansung untuk memulai usaha, dimulai dari usaha yang kecil-kecilan.

Sebagai anak muda yang memiliki ide kreatif perlunya kita menanamkan semangat berwirausaha untuk mempertajam pemahaman tentang jiwa-jiwa kewirausahaan. Karena dengan memulai belajar dan mengenal dunia kewirausahan kita bisa mendapatkan manfaat untuk menjadi bekal masa depan kelak. (*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *