SMP Negeri 1 Sumbawa Juara LCCM Tahun 2024 

SUMBAWA – SMP Negeri 1 Sumbawa berhasil meraih juara pertama Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat SMP se-Kabupaten Sumbawa. Lomba yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa melalui UPT Museum Daerah Sumbawa ini, diikuti sebanyak 16 kecamatan.

Berada di posisi kedua dan keempat diraih SMPN 1 Utan dan SMPN 1 Moyo Utara. Sedangkan SMPN 1 Moyo Hulu yang menjadi juara LCCM tahun (2023) lalu harus puas di posisi ketiga. Para juara ini masing-masing mendapatkan piala, uang pembinaan dan sertifikat.

Kepala UPT Museum Daerah Sumbawa Ivonie Septiyanti yang ditemui media ini, menyebutkan, dari hasil LCCM tingkat Kabupaten Sumbawa ini akan diambil dua tim, yaitu juara satu SMPN 1 Sumbawa dan juara dua SMPN 1 Utan, untuk mewakili kabupaten di tingkat Pulau Sumbawa.

Baca Juga:  SDN Nijang Tak jadi Direvitalisasi Tahun 2022  

Juara se-Pulau Sumbawa nanti akan mengikuti LCCM tingkat Provinsi NTB dan selanjutnya tingkat nasional. Ia berharap Sumbawa dapat meningkatkan prestasi. Sebab SMP Negeri 1 Sumbawa Besar selama beberapa tahun secara berturut-turut pernah mewakili Provinsi NTB ke tingkat nasional.

Lebih jauh dikatakan Ivone—sapaan akrabnya, LCCM tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Tujuannya memperkenalkan museum kepada masyarakat, khususnya para pelajar untuk belajar sejarah dan kebudayaan. Pasalnya dewasa ini sangat sedikit pelajaran yang menyangkut sejarah dan kebudayaan sehingga dibutuhkan partisipasi siswa dan sekolah.

“Kami ingin agar para peserta memahami apa-apa koleksi di museum ini, di samping upaya Museum memperkenalkan benda-benda cagar budaya kepada masyarakat termasuk generasi muda,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *