73 Calon Siap Bertarung di Pilkades Serentak Tahun 2022 

SUMBAWA – Sebanyak 73 orang telah ditetapkan menjadi calon Kepala Desa (Kades) yang akan mengikuti kontestasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa.

“Jadi pilkades serentak di 20 desa tahun ini total ada 73 calon yang akan bertarung,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Anhuyas S.STP., M.Si, saat ditemui, Selasa (18/10).

Sebelumnya kata Uchas, sapaan akrab pejabat muda ini, puluhan calon kades tersebut telah melakukan penarikan nomor urut pada Senin (17/10) kemarin. “Senin kemarin mereka (calon kades) tarik nomor urut. Tinggal diumunkan oleh panitia saja kepada masyarakat calon kades yang sudah tarik nomor ini,” tambahnya.

Disebutkan Uchas, Desa Kakiang, Labuhan Jambu, Mokong dan Kukin jumlah calon kadesnya paling masing-masing 5 orang.  Sementara jumlah calon kades paling sedikit ada di Desa Lamenta dan Desa Pungkit masing-masing 2 orang, sedangkan untuk desa lainnya ada yang tiga dan empat calon.

Baca Juga:  SE Bupati Tentang Lalu Lintas Ternak Selama PMK Bakal Direvisi 

“Pilkades serentak ini juga diikuti calon incumben. Ada 13 orang dari di Desa Labuhan Mapin, Desa Bale Brang, Desa Pukat, Desa Pelat, Desa Serading, Desa Kakiang, Desa Olat Rawa, Desa Batu Bangka, Desa Berang Rea, Desa Lito, Desa Pungkit, Desa Simu, dan Desa Tepal. Ada juga calon kades dari kalangan PNS dua orang, yaitu Ahmad Yani pegawai kecamatan di Pilkades Labuhan Jambu dan Burhanuddin B mantan Kades Serading,” paparnya.

Setelah penarikan nomor urit lanjut Uchas, tahapan berikutnya adalah panitia mencetak kartu surat suara dan melengkapi seluruh keperluan yang akan digunakan untuk pemilihan yang berlangsung tanggak 2 November mendatang. “Pokoknya semua kelengkapan Pilkades disiapkan dan didistribusikan semuanya,” kata Uchas.

Untuk diketahui, ada 20 desa yang menggelar Pilkades serentak tahun 2022 di Kabupaten Sumbawa. Desa-desa itu adalah, Desa Serading, Desa Kakiang, Desa Olat Rawa dan Desa Batu Bangka di Kecamatan Moyo Hilir. Kemudian Desa Brang Rea, Desa Mokong dan Desa Lito di Kecamatan Moyo Hulu, Desa Kukin di Kecamatan Moyo Utara, serta Desa Ledang dan Desa Lenangguar di Kecamatan Lenangguar.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Terus Berikhtiar Wujudkan KLA

Pilkades juga dilaksanakan di Desa Pungkit Kecamatan Lopok, Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes, Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano, Desa Sebotok Kecamatan Labuhan Badas, Desa Bale Brang dan Desa Pukat Kecamatan Utan, Desa Tepal Kecamatan Batu Lanteh, Desa Lamenta Kecamatan Empang, Desa Simu Kecamatan Maronge dan Desa Labuhan Mapin Kecamatan Alas Barat. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *