Dibuka Menpora, MXGP of Indonesia Samota Resmi Digelar

SUMBAWA – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), DR. Zainudin Amali, M.Si, membuka secara resmi Motor Cross Grand Prix (MXGP) of Indonesia Samota Sumbawa, yang akan berlangsung 24-26 Juni 2022.

Welcome Ceremony ini digelar di halaman kantor Bupati Sumbawa, Jum’at (24/6), dihadiri para rider beserta tim.

Menpora dalam sambutannya mengatakan, terpilihnya NTB sebagai tuan rumah MXGP 2022 menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia, khususnya Sumbawa, NTB. Dengan ini, NTB sukses menjadi tuan rumah tiga event Internasional. MXGP di Sumbawa, Superbike dan MotoGP di Mandalika, Lombok Tengah.

MXGP Samota akan digelar secara berkelanjutan hingga lima tahun ke depan. Kepastian tersebut, kata Zainudin Amali, telah disampaikan oleh pihak penyelenggara MXGP. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena akan membuka beragam peluang investasi di daerah.

”Tadi ada komitmen dari pihak penyelenggara MXGP bahwa akan berkelanjutan diselenggarakan selama lima tahun ke depan. Ini menjadi hal yang bagus buat kita. Artinya investasi kita buat kegiatan ini tidak sia-sia,” ujarnya.

Baca Juga:  KONI Sumbawa Dukung Ummi Rohmi Masuk Pencalonan Ketua KONI NTB

Untuk menjamin pelaksanaan MXGP di tahun-tahun mendatang, pemerintah pusat komit untuk mensuppot dalam hal perbaikan infrastruktur. Namun yang tak kalah penting adalah pembenahan hospitality agar para rider dan tim MXGP merasa nyaman selama berada di Sumbawa.

”Kita tunjukkan bahwa kita mampu. Dan masyarakat kita masyarakat yang baik dan ramah. Hospitality juga harus kita perbaiki. Kita jamu, baik rider dan tim agar bisa merasakan kenyamanan di Sumbawa,” tandasnya.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan, event internasional ini adalah yang pertama setelah NTB diterjang bencana gempa pada tahun 2018. Menurutnya, persiapan penyelenggaraan MXGP sangat singkat. Hanya tiga bulan.

”Memang tidak mudah, tapi kami bisa melakukan itu semua. Dengan ini semoga perekonomian masyarakat dapat berputar,” harapnya.

Perwakilan Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM), Antonio Fortela, mengaku senang bisa kembali ke Indonesia setelah dua tahun pandemi. ”Terima kasih dan berharap bisa kembali laksanakan event ini tahun depan di Samota,” katanya singkat.

CEO Infront Moto Racing, David Luongo, menyampaikan terima kasih karena telah membuat event ini kembali dilaksanakan di Indonesia. Pelaksanaannya pun di sirkuit yang menurutnya sangat indah. “Kami kembali ke Indonesia di tempat yang terindah di Samota,” ucapnya.

Baca Juga:  Dapat Dukungan Cabor, Rafiq Calon Tunggal Ketua KONI Sumbawa 

Dia mengakui bahwa track Rocket Motor Circuit di Samota cukup bagus. Masyarakatnya juga ramah. Karenanya, dia berharap Sumbawa kembali menjadi tuan rumah di tahun berikutnya. “Samota tempat terindah, kami diterima dengan sangat baik. Kami berharap laksanakan event ini pada tahun berikutnya,” ujar David.

Selain Menpora, acara ini juga dihadiri Gubernur Kalimantan Utara dan Wakil Ketua Umum PSSI. Pembukaan MXGP semakin semarak dengan tampilan tarian dan musik tradisional Sumbawa. Usai pembukaan para rider MXGP keliling kota Sumbawa menggunakan cidomo. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *