11 Desa di Sumbawa Ikuti Anugerah Desa Wisata 2022

SUMBAWA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kembali menggelar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Tercatat 11 desa di Kabupaten Sumbawa, yang akan mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 ini.

Desa-desa tersebut meliputi Desa Wisata Lenangguar, Kecamatan Lenangguar. Desa Wisata Tiu Pasai Desa Lape, Kecamatan Lape. Desa Wisata Labuhan Burung, Kecamatan Buer. Desa Wisata Poto dan Ekowisata Bahari Prajak, Desa Batu Bangka, Kecamatan Moyo Hilir. Desa Wisata Labuan Aji dan Karang Dima, Kecamatan Labuan Badas.

Kemudian Desa Wisata Agro Olat Ode, Desa Mapin Beru Kecamatan Alas Barat. Desa Wisata Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano; Desa Wisata Perung, Kecamatan Lunyuk dan Desa Wisata Santong Menggoda, Desa Teluk Santong Kecamatan Plampang.

”Sesuai informasi dari Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, 11 Desa Wisata di Kabupaten Sumbawa telah terdaftar untuk mengikuti ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia Kemenparekraf Tahun 2022,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, Rachman Ansori, dalam keterangan tertulis, Jum’at (15/4).

Ada pun potensi yang ditawarkan dalam ADWI 2022 oleh 11 Desa Wisata tersebut antara lain, wisata alam yang meliputi Wisata Hutan Bakau Desa Labuhan Burung. Wisata Snorkling dan Memancing Prajak Desa Batu Bangka. Wisata Pulau-pulau Kecil Teluk Santong. Wisata Pantai Kuang Dingin Desa Perung. Wisata Bukit Poto Layang Negeri Di Atas Awan, Air Terjun Ai Surga. Air Terjun Teba Murin di Desa Lenangguar dan Wisata Hiu Paus di Desa Labuhan Jambu.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Usul Revitalisasi Pasar Senilai 15 M ke Mendag

Produk kuliner yang ditawarkan antara lain Mandurah dan berbagai kuliner laut di Desa Labuhan Burung, Caffe Betta Sapurang di Desa Lape, Kopi Kenangan di Desa Teluk Santong, Sepat dan Singang di Desa Lenangguar dan Desa Mapin Beru, Jagung rebus, singkong rebus, kue putu di Desa Mapin Beru, serta madu di Desa Lenangguar.

Sedangkan produk wisata edukasi antara lain edukasi Gussung Pulau Pasir (Sand Bar) Desa Wisata Labuhan Burung, edukasi Belajar Menenun Kre Alang Desa Poto, edukasi Melala, Jelajah Rimba, Camping Ground Teba Murin, Bukit Poto Layang Desa Lenangguar, Edukasi memainkan Serune dan membuat Sofa Botik di Desa Lape, edukasi Bukit Bendera dan Pulau Lampe di Desa Teluk Santong dan lainnya.

Baca Juga:  Wabup Novi Buka Lomba Seni Museum Tahun 2022   

Anugerah Desa Wisata Indonesia, kata dia, memberikan apresiasi kepada masyarakat pariwisata dalam upaya percepatan pembangunan desa, mendorong transformasi sosial, budaya, dan ekonomi desa dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan dan sumber daya, serta memajukan kebudayaan.

”Bapak Bupati, Ibu Wabup sangat mengapresiasi semangat inovatif dan kolaboratif Pemdes, Pokdarwis dan penggiat pariwisata di desa yang didukung oleh OPD terkait guna meningkatkan daya ungkit dan daya saing potensi wisata desanya, terlebih dalam menyongsong perhelatan internasional MXGP Samota Juni mendatang,” jelas Ansori.

Leading sector terkait juga diharapkan memberikan andil yang produktif bagi pengembangan wisata desa di Kabupaten Sumbawa secara keseluruhan. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *