Apa yang Harus Kita Ketahui Tentang E-commerce 

Oleh : Andri Aprizal 

Fakultas Rekayasa Sistem Informatika 

Universitas Teknologi Sumbawa

Apa itu e-commerce? Kata “E-commerce” adalah kata dalam Bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Electronic Commerce, yaitu perdagangan yang dilakukan secara elektronik.

E-commerce juga aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan, mengubah, dan mendefiniskan kembali hubungan antara penjual dan pembeli.

Maka dari penjelasan tersebut adapun tujuan dari E-commerce seperti :

1. Bisa mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia.

2. Mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

3. Meningkatkan efektivitas maupun efisien pelayanan publik.

4. Dapat memberikan rasa aman, keadilan, dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi.

Apa yang harus diktahui tentang sistem informasi? Nah, jadi strategi sistem informasi bisa dijelaskan sebagai sistem yang dikembangkan oleh perusahaan sebagai reaksi terhadap inisiatif bisnis. Sistem ini juga dapat memberikan layanan ataupun produk yang unik, terarah, inovatif, dan dengan anggaran minimum.

Baca Juga:  Mengasah Potensi Diri Dengan Metode Coaching Dan Metode Lainnya 

Strategi tersebut merupakan bagian integral yang sangat diperlukan dalam bisnis, karena mereka mempengaruhi profitabilitas, pertumbuhan, dan perkembangan suatu perusahaan.

Hal itu juga berarti strategi sistem dan bisnis baru, karena secara langsung system ini mempengaruhi sikap kompetitif suatu organisasi dan memberikan keuntungan terhadap para pesaing.

Bagaimanakah hubungan antara E-commerce dan Strategic System?

E-commerce berhubungan dengan sistem informasi untuk kegiatan operasional dan juga mengambil keputusan. Sistem inofrmasi yang digunakan E-commerce adalah DDS atau Discussion Support Systems yang dimana ini digunakan sebagai pengambilan keputusan yang berbasis data. Selain itu ada TPS atau Transaction Processing System, seperti yang kita tahu bahwa E-commerce ini menggunakan pembayaran melalui online, Nah sistem inilah yang akan memproses data-data keuangan yang masuk ke dalam perusahaan.

Baca Juga:  MXGP Samota 2022, Sumbawa Dapat Apa ?

Adapun yang bisa kita ketahui saat ini tentang Porter’s Competitive Forces Model ialah suatu susunan yang disusun secara sistematis yang merupakan rangkaian kerja yang digunakan untuk menganalisis industri dan untuk mengembangkan suatu strategi bisnis yang dapat dikembangkan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *