Diresmikan Bupati, POCADI Jadi Kado HUT Kabupaten Sumbawa ke-63 

SUMBAWA – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, bersama Wakil Bupati, Dewi Noviany, SPd, MPd, meresmikan Pojok Baca Digital (Pocadi) yang berlokasi di Taman Mangga, Sabtu (22/01/2022).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, SPd, MPd, disaksikan langsung oleh Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, didampingi Kadis Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Sumbawa, H. Sahril, S.Pd.

Dengan peresmian ini maka Pocadi mulai dapat dimanfaatkan. Layanan Pocadi dibuka dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 07.30-17.30 Wita. Sementara hari Minggu libur.

”Pocadi ini menjadi kado HUT Kabupaten Sumbawa Ke-63 dari Dispusip,” kata Kadis Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip), H. Sahril, usai peresmian.

Dijelaskan, Pocadi merupakan layanan eksternal yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional. pocadi merupakan perpustakaan dengan format buku digital (e-book) dan layanan buku tercetak.

Baca Juga:  Samping Eks Kantor DPRD Lama Kini Dibangun Taman 

Pocadi diharapkan dapat mendorong peningkatan budaya literasi masyarakat, dengan tujuan untuk mengembangkan budaya baca dan memperluas simpul jaringan perpustakaan di seluruh Indonesia.

Seperti diberitakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) terus berupaya mendekatkan pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya dengan membangun Pojok Baca Digital (Pocadi).

Pocadi merupakan ruang baca yang disiapkan bagi masyarakat untuk membaca. Baik membaca buku secara fisik maupun elektronik. Keberadaannya diharapkan dapat membangkitkan minat baca masyarakat.

Dipilihnya Taman Mangga sebagai lokasi Pocadi karena lokasinya yang strategis. Selain di pusat kota, taman tersebut juga selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan.

Pocadi juga dilengkapi dengan ruangan baca yang nyaman lagi menyenangkan. Selain ruangan full AC, juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti komputer serta koneksi internet yang dapat diakses secara gratis.

Baca Juga:  Rafiq Dukung Putra Daerah Jadi Komisaris di PT AMNT 

Pocadi merupakan program dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional. Ke depannya, Pemda Sumbawa diharapkan membuat program serupa. Sehingga pojok baca digital tidak hanya ada di Taman Mangga. Tapi juga ada di lokasi-lokasi lainnya di Kabupaten Sumbawa. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *