Ini Nama Calon Dari 3 Desa Hasil Seleksi Tambahan Pilkades Serentak

SUMBAWA – Sebanyak tiga desa harus melakukan seleksi tambahan bagi calon kepala desa yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun ini. Itu dikarenakan calon yang mendaftar lebih dari lima orang. Ketiga desa tersebut termasuk dalam 20 desa yang akan menggelar salah satu pesta demokrasi. Desa ini adalah Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu, Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir dan Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano.

Seleksi tambahan ini telah dilakukan di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), pada Jum’at (14/10) lalu, dengan menghasilkan total 15 nama yang berhasil lolos seleksi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Anhuyas, S. STP., M.Si menyebut ada 25 Balon Kades yang mengikuti seleksi tambahan. Terdiri dari 8 orang untuk Pilkades Mokong, 6 orang di Pilkades Kakiang dan 11 orang di Pikades Labuhan Jambu.

Baca Juga:  Diskoperindag Sumbawa Gelar Safari Sertifikat Halal dan Baik 

“Alhamdulillah, seleksi tambahan Pilkades berjalan lancar dengan menghasilkan 15 nama di tiga desa. Masing-masing desa tadi calonnya ada 5 orang,” kata Anhuyas, Sabtu (15/10).

Dijelaskannya, calon Kades yang berhasil lolos yaitu Armansyah, Padusung, M. Sidik, Sugito, dan Eliya Farida di Pilkades Mokong. Kemudian Erfan Darisman, Aminollah, Sudirman, Sarmuddin dan Abdurahman di Pilkades Kakiang, serta Khairullah, Ahmad Yani, Suhardi, Masykur Huriyadi, dan Nurfaizin Usman di Pilkades Labuhan Jambu.

Uchas sapaan akrab pejabat muda ini menegaskan, akrabnya seleksi tambahan digelar di UTS karena sudah ditunjuk atau direkomendasikan oleh panitia pemilihan. Ada beberapa tes dalam seleksi tambahan ini, meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Psikologi, dan Tes Leaderless Group Discussion (LCD).

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Ingatkan Pentingnya Pemahaman Perizinan 

Sementara untuk tahap Pilkades selanjutnya yakni penetapan calon kepala desa sekaligus penarikan nomor urut. “Hari Senin besok penetapan calon kepala desa sekaligus penarikan nomor urut Cakades. Sementara untuk pemilihannya dijadwalkan 2 November mendatang,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *