Sambut WBSK, Pemda Sumbawa Promosikan Hiu Paus Teluk Saleh dan Pulau Moyo

SUMBAWA – Sejumlah event internasional bakal digelar di NTB. Di antaranya MotoGp dan World Superbike (WSBK). MotoGp Indonesia sudah masuk kalender sementara. Tes pra musim pada Februari 2022. Sedangkan seri penutup World Superbike (WSBK) pada 19-21 November 2021.

Bagaimana kesiapan pariwisata Sumbawa menyambut dua event tersebut ?
Sekretaris Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa, Muhammad Irfan mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sumbawa siap menyambut perhelatan WSBK dan MotoGP 2022.

Dua destinasi wisata telah dipersiapkan untuk menyambut para pecinta WSBK dan MotoGP yang nantinya akan berkunjung ke Sumbawa. Yakni Pulau Moyo dan Hiu Paus Teluk Saleh di Desa Labuhan Jambu, Kecamatan Tarano.

“Keberadaan Pulau Moyo dan atraksi Hiu Paus Teluk Saleh ini yang kita siapkan untuk disounding,” kata Irfan, saat ditemui belum lama ini.

Pulau Moyo dan Hiu Paus, kata dia, memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Terutama bagi para wisatawan asing. Pulau Moyo telah terbukti beberapa kali dikunjungi para tokoh dunia seperti Lady Diana.

Baca Juga:  Salah Satu Destinasi Wisata Terindah di Sumbawa Itu Bernama Pantai Gelora

Selain Lady Diana, penyanyi sekelas Mick Jangger hingga mantan pesepak bola David Beckham dan Edwin Van Der Sar, juga dikabarkan pernah menghabiskan liburan di sana.

Begitu pula dengan wisata Hiu Paus di Labuhan Jambu, Tarano. Meski belum seperti Pulau Moyo, namun dalam 4-5 tahun terakhir sudah banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sana. “Pengunjung hiu paus tidak terlihat karena tidak lewat jalur darat. Tapi mereka datang dengan kapal khusus,” terangnya.

Selain dua destinasi tersebut, masih banyak lokasi wisata lain yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Seperti ekowisata Batu Dulang dan Marente. “Sebenarnya banyak pilihan. Tapi kita prioritaskan dua itu dulu. Kita sesuaikan dengan selera mereka (wisatawan),” katanya.

Baca Juga:  Harga Bahan Pokok di Sumbawa Masih Stabil Jelang Puasa 

Sarana penunjang seperti hotel dan modal transportasi juga telah dipersiapkan. Irfan menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pengusaha hotel dan penyedia jasa transportasi standar wisata.

Sementara di arena balap, Pemda Sumbawa, juga akan mendirikan stand khusus untuk mempromosikan wisata Sumbawa dan berbagai produk unggulan lokal Sumbawa. “Masalah ini juga sudah kita sampaikan ke pemilik hotel dan travel agent. Intinya kita siap menyambut itu (WSBK dan MotoGP),” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *