Education Overland Tour, Cara SMKN 1 Sumbawa Perkenalkan Dunia Kerja ke Siswanya 

SUMBAWA – Siswa Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Negeri 1 Sumbawa, melakukan Education Overland Tour (EOT) atau edu wisata ke Pulau Lombok.

Kegiatan perdana yang berlangsung selama lima hari, mulai dari 23 November hingga 27 November 2021 ini, diikuti sebanyak 63 siswa gabungan kelas X, XI dan kelas XII ditambah dua guru pendamping.

Kepala SMK Negeri 1 Sumbawa, melalui Ketua Kompetensi Keahlian UPW, Teguh Handoko menjelaskan, kegiatan tour ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa secara langsung tentang dunia usaha dan industri pariwisata.

”Harapannya supaya anak-anak bisa melihat langsung secara nyata dunia pariwisata itu bagaimana. Mereka juga bisa paham betul tentang karekteristik wisatawan, karena sifatnya pasti berbeda-beda,” kata Teguh, Senin (29/11/2021).

Ia menyebutkan, industri pariwisata sangat kompleks. Banyak hal yang harus dipelajari. Memberikan teori saja dinilai tidak cukup bagi siswa untuk memahami secara utuh tentang dunia pariwisata. Sehingga sangat penting melakukan praktek lapangan.

Baca Juga:  Buntut Dugaan Pencabulan Puluhan Santriwati, Dinas Dikbud Bakal Bekukan Izin Operasional Sekolah

Dalam kegiatan edu wisata tersebut, para siswa diajak melakukan kunjungan ke beberapa tempat wisata. Mulai dari hotel, museum, pusat perbelanjaan, pulau, alam hingga desa budaya.

Pada setiap kunjungan, para siswa diberikan penjelasan mengenai konsep dan sistem tata kelola sampai jenis serta komponen industri wisata. Siswa juga mempraktekkan secara langsung beberapa hal seperti etika dan alat makan atau table manner, menjadi tour guide dan tour leader.

Selain kunjungan wisata, kata Teguh, siswanya juga diberikan pemahaman secara teoritik melalui seminar yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Mataram.

“Di sana kita juga melakukan seminar. Pemateri nya langsung profesor dari STP Mataram. Di situ anak-anak adi disajikan materi-materi tentang bagaimana tantangannya, bagaimana peluang kerjanya di industri pariwisata ini,” terangnya.

Teguh berharap, program eduwisata seperti ini dapat dilaksankan secara berkelanjutan. Sehingga siswa dapat memiliki pemahaman dan keahlian yang baik dengan terus terlibat langsung dalam industri pariwisata.

Baca Juga:  Pj Gubernur NTB Apel Pagi di SMK 1 Sumbawa, Kepsek Merasa Dapat Kehormatan

Tujuan akhirnya tentu saja lulusan UPW SMKN 1 Sumbawa, diharapkan dapat ditempatkan bekerja pada beberapa sektor pendukung pariwisata. Mulai dari maskapai penerbangan, reservasi tiket, tour guide, tour leader hingga Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE). “Jadi anak-anak jurusan UPW ini juga bisa mengatur sebuah kegiatan atau yang kita sebut dengan MICE,” pungkas Teguh. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *