Peringati Maulid Nabi, Bupati Sumbawa Ajak Teladani Akhlak Rasulullah 

SUMBAWA – “Kita bersyukur, karena selama kurang lebih 2 tahun tidak dapat menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW karena pandemi Covid-19, dan alhamdulillah saat ini kembali dapat melaksanakan peringatan maulid nabi, meskipun dengan sederhana, namun tetap khidmat, agar syi’ar Islam dapat terus menggema di tengah-tengah masyarakat,” ungkap Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah, pada Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1444 H/2022 M, di Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar, Sabtu (8/10).

Peringatan Maulid yang mengangkat tema “Meneladani Akhlak Rasul sebagai Tonggak dalam membangun Tau dan Tana’ Samawa menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” ini menurut Bupati, pada hakikatnya merupakan wujud penghormatan umat yang mendalam kepada baginda Nabi Muhammad SAW.

Muhammad bukan saja seorang Nabi dan seorang Rasulullah, tetapi juga pemimpin umat manusia, dan diutus untuk menyempurnakan akhlak umat manusia dan menjadi rahmat bagi semesta alam.

Maulid, sebut Bupati, momentum penuh sukacita, membawa male’ dan sandra sebagai ekspresi kesyukuran dan kebahagiaan yang telah mentradisi, di tengah-tengah masyarakat Sumbawa. Tradisi baik seperti ini perlu terus dilestarikan dan dibudayakan, dalam rangka menjaga hablumminallah dan hablumminannas, sekaligus lebih memperkokoh kebersamaan dan keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga:  Pasca Banjir di Desa Lawin, BPBD Sumbawa Lakukan Pendataan Kerusakan 

Makna “Berkeadaban” yang diusung dalam visi besar Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban, jelasnya, bahwa masyarakat Sumbawa senantiasa memegang teguh nilai-nilai agama dan budaya, yang selaras dengan falsafah hidup tau samawa, yakni “adat barenti ko syara’, syara’ barenti ko kitabullah”.

Bupati berharap, agar slogan “Berkeadaban” tidak hanya menjadi ungkapan pemanis bibir, namun harus terimplementasi secara nyata, dalam setiap sendi kehidupan masyarakat Kabupaten Sumbawa.

Dikatakan, berkat semangat kebersamaan dan kekompakan elemen masyarakat, berbagai event nasional dan internasional telah mampu terselenggara dengan baik dan sukses di Kabupaten Sumbawa, seperti event MXGP Samota 2022, Sail Indonesia Yacht Rally 2022, dan Festival Bonsai Tingkat Nasional 2022.

”Akhirnya saya mengajak kita semua untuk berdo’a dengan sungguh-sungguh, dan bertaubat memohon ampun kepada Allah SWT atas segala dosa yang pernah kita lakukan, agar daerah kita dijauhkan dari berbagai macam bala bencana dan senantiasa dilimpahkan keberkahan,” tutup Bupati.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Masih Tunggu Surat Resmi Pelaksanaan SKD Tes CPNS

Sementara itu, TGH. Khudri Ahmad As Shaulaty, LC., dalam hikmah maulid mengajak segenap jamaah untuk selalu mengikuti jejak dan suritauladan Rasulullah dalam menjalankan kehidupan sehari–hari. “Rasulullah merupakan suritauladan terbaik sepanjang masa, maka jika ingin mendapatkan syurga Allah, laksanakan apa yang diajarkannya,” pesan Pimpinan Pondok Pesantren Mushaniful Ulum Labangka ini. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *