Pelajar SMAN 3 Sumbawa, Wakili NTB di FELSI Tingkat Nasional

SUMBAWA – Pelajar SMA Negeri 3 Sumbawa, Dyata Lintar Akbar, mewakili NTB dalam Festival Literasi Siswa Indonesia (FELSI) Tingkat Nasional, dalam mata lomba Fotografer.

Sebelumnya, siswi kelas XII MIA 5 ini, sukses bersaing dengan ratusan pelajar SMA Se-Nusantara. Dari 410 peserta, Dyata masuk dalam 25 peserta terbaik yang berhak melaju ke FELSI Tingkat Nasional.

Kepala SMA Negeri 3 Sumbawa, Aminu Irfanda Supanda, M.Pd mengungkapkan, ada tiga kategori yang dilombakan dalam FELSI. Meliputi lomba Fotografer, Artikel Feature dan Cerita Pendek. SMAN 3 Sumbawa, hanya ikut dalam lomba Fotografer.

Awalnya, sekolah dalam Kota Sumbawa ini diwakili tiga orang.
Semua karya dikirimkan ke Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), awal September 2021 lalu. Karya tersebut berupa kumpulan foto yang menggambarkan tentang kondisi kehidupan sosial masyarakat terkini.

Baca Juga:  Dikbud Sumbawa Dorong Sekolah Tingkatkan Kualitas Ketaqwaan Siswa Selama Ramadhan 

Dari sejumlah karya, hanya hasil jepretan Dyata yang sukses menarik perhatian para dewan juri.

”Ada tiga orang yang ikut, semua mengirim (karya), cuman yang lolos satu saja. Dari 410 peserta Se-Nasional diseleksi menjadi 25. Salah satunya ananda Dyata Lintar Akbar ini,” katanya.

Sebelum kompetisi tingkat nasional dimulai, semua peserta diberikan coaching clinic secara virtual, tanggal 12 September lalu. Dalam coaching clinic itu, Puspresnas memberikan arahan kepada 25 peserta untuk penyempurnaan karya.

Kini, Dyata tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi tingkat nasional. Pada tingkat ini, peserta tidak boleh menampilkan hasil jepretan yang sama seperti pada seleksi sebelumnya.

Baca Juga:  SMAN 1 Sumbawa Buka Kelas Akselerasi, Siswa Hanya Tempuh Pendidikan 2 Tahun 

Menurut Irfanda, karya harus berbeda. Namun dengan tema yang masih sama. ‘’Pengumuman nanti tanggal 25 September. Harapan kepada Dyata, semoga mendapat juara satu,” harap mantan Kepala SMAN 1 Lunyuk ini. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *