Tersisa 74 Ekor, Pengadaan Sapi Tahun 2022 Sudah 92,06 Persen 

SUMBAWA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) segera merampungkan pengadaan sapi 100 Cm untuk tahun anggaran tahun 2022 ini. Dinas tersebut mecatat hingga saat ini telah terealisasi sebanyak 859 ekor atau 92,06 persen.

“Kontraknya berakhir tanggal 4 Desember nanti, tapi kita usahan tuntas dalam minggu ini juga. Dari total 933 ekor, realisasi fisiknya sudah 859 ekor atau tersisa 74 ekor saja,” ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa, H. Junaidi, S.Pt, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (10/10).

Ia menuturkan, selama pengadaan sapi senilai Rp 6 Miliar bersumber dari anggaran Pokok Pikiran (Pokir) anggota DPRD Sumbawa ini, nyaris tidak ada kandala. Namun, merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) membuat pengadaan sedikit tersendat.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Buka Musrenbang RKPD Tahun 2023

“Tidak ada kendala sih andai tidak ada PMK, sebab teman-teman penyedia  berkomitmen akhir September kemarin sudah rampung. Tapi karena ada PMK, lalu keluar surat edaran bupati tentang pembatasan lalulintas ternak jadi agak tersendat sedikit pengadaanya,” jelas Junaidi.

Untuk pengadaan tahun depan Disnakeswan belum bisa memastikannya. Namun menurut informasi dari beberapa anggota dewan ujar Junaidi, mereka telah memasukan nama calon penerima untuk pengadaan ternak tahun 2023.

“Untuk tahun 2023 belum bisa kita pastikan. Tapi ada anggota dewan yang bilang ke saya bahwa sudah masukan beberapa nama kelompok untuk tahun depan,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *