Hari Pertama Tes P3K, Empat Peserta Positif Covid-19

SUMBAWA – Sebanyak 22 peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tahap I, di Kabupaten Sumbawa, tidak hadir di hari pertama pelaksanaan tes, Senin (13/09).

Data dari Kepala Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbdu) Kabupaten Sumbawa, Nasrullah Darwis., MPd., menyebutkan peserta yang tidak hadir ini empat diantaranya karena terkonfirmasi positif Covid-19. Sisanya, ada yang telat datang, tidak mampu menunjukkan hasil rapit antigen serta tanpa keterangan.

Untuk diketahui, tes seleksi P3K ini dilaksanakan selama empat hari. Mulai tanggal 13 September hingga 16 September mendatang.

Ditemui di ruang kerjanya, Nas, sapaan akrabnya, mengatakan pelaksanaan tes tahap I di pusatkan di empat lokasi berbeda. Di SMAN 1 Sumbawa, SMAN 2 Sumbawa, SMKN 1 Sumbawa dan SMKN 3 Sumbawa.

Total peserta seleksi PPPK tahap I sebanyak 3.249 orang. Meliputi guru SD, SMP, SMA, SMK dan SLB. “Per harinya diikuti 840 peserta. Pelaksanaan dibagi dua sesi. Sesi pertama diikuti 420, sesi kedua 420,” ungkapnya.

Baca Juga:  SMPN 1 Moyo Hulu Juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum Daerah

Meski ada peserta yang tidak hadir, seleksi hari pertama ini diakuinya, secara umum berjalan lancar. Bagi peserta yang tidak hadir dihari pertama lanjut mantan kepala SMKN 3 Sumbawa ini, mereka tetap diberikan kesempatan untuk mengikuti tes susulan yang rencananya dilaksanakan tanggal 18 September mendatang. Begitu juga bagi peserta yang dinyatakan positif berdasarkan hasil rapit tes.

“Bagi yang terlambat atau tanpa keterangan akan diberikan kesempatan tes susulan pada tanggal 18 Sabtu besok. Kalau peserta yang positif, jadwalnya akan ditentukan kemudian. Yang pasti, hak peserta untuk ikut tes tidak akan gugur, mesti dia positif,” terangnya.

Untuk tes hari kedua, Nas menghimbau kepada seluruh peserta untuk lebih disiplin waktu. Selain itu, juga harus lebih teliti. Jangan sampai lupa membawa hasil rapid tes antigen dan jangan sampai salah mendatangi lokasi tes.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri., MM., mengakui dihari pertama ini ada empat peserta yang dinyatakan positif Covid-19, berdasarkan hasil rapit tes yang dilaksanakan hari Minggu lalu, di GOR Mampis Rungan, atau sehari sebelum pelaksanaan tes.

Baca Juga:  Guru SMAN 1 Sumbawa Siap Promosikan Adat Budaya Samawa di Australia 

Keempat peserta ini kata Haji Bas, sapaan akrabnya, sedang menjalani isolasi mandiri di Hotel Dewi Sumbawa. “Tetap bisa ikut kok. Nanti jadwalnya ditentukan lagi khusus yang positif ini. Yang pasti tidak bersamaanlah dengan peserta lain. Kan seleksi P3K ini ada tiga tahap. Kalau tidak lulus tahap pertama, bisa ikut tahap kedua. Tidak lulus lagi, ya ikut tahap ketiga,” tandasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *