Air Terjun Mata Jitu 

Oleh : Asyah Mayang Tishani 

Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Samawa

Air terjun mata jitu ialah destinasi yang paling terkenal di Sumbawa dan banyak peminatnya. Seseorang berlomba-lomba ingin mengunjungi wisata air terjun mata jitu dikarenakan pesonan alamnya yang sangat-sangat membuat mata kita melihatnya merasakan terhipnotis saat melihat pemandangannya yang luar biasa indahnya.

Lokasi air terjun mata jitu ini cukup terpencil. Air terjun mata jitu tersembunyi di balik hutan Pulau Moyo yang lokasinya berada di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Jauh tapi rasa lelahnya terbayarkan oleh pemandangannya air mata jitu yang memiliki air terjun yang sangat dingin dan sausana memandang pepohonan yang kehijauan dan suara air dar air terjun mata jitu membuat telingan kita mendengarnya merasakan sangat sangat menikmati suasanan. Ia memiliki tujuh kolam, air terjun mata jitu juga memiliki empat undakan dan stalaktitstalagmit dengan bentuk beragam yang menghiasi permukaan dinding air terjun.

Air terjun mata jitu adalah objek wisata merupakan tempat atau keadaan alam yang memiliki sumber daya wisata yang dibangun dan dikembangkan sehingga mempunyai daya tarik dan di jaga kelestarian alamnya, sehingga peminat yang ingin mengunjunginnya semakin bertambah

Air terjun mata jitu adalah destinasi wisata di Pulau Sumbawa yang cukup berhasil menarik perhatian para wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Jumlah kunjungan wisata objek air terjun mata jitu tidak terhitung dari setiap harinya pengunjung yang datang.

Sumbawa memiliki objek wisata yang sangat beragam seperti air terjun mata jitu yang eksotis. Yang dikatakan banyak peminat penggunjugnya sehingga ia memiliki julukan “Queen Waterfall“, wisata merupakan perjalanan yang di lakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungin tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu, sementara melakukan perjalan wisata atau rekreasi dilakukan seseorang dengan memanfaatkan waktu luang dan melakukan perjalanan ke suatu tempat wisata karena merasa jenuh dengan kegiata sehari hari.

Baca Juga:  Menjaga Kesehatan Dari Kebersihan Lingkungan Rumah 

Dalam pengembangan suatu objek wisata, ada hal yang harus diketehui yaitu faktor pedukung pengembangganya seperti pembangunan terhadap sarana pariwasata. Pengunjung ke tempat wisata air terjun mata jitu tidak hanya berasal dari wisatawan lokal melainkan wisata asing.

Air terjun mata jitu yang memiliki suasana yang sangat eksotis ini pernah dikunjungin oleh anggota keluarga kerajaan Inggris, yaitu mendiang Putri Diana. Putri Diana pun dibuat terpesonan dengan keindahan air terjun yang memiliki tujuh kolam ini.

Selain memiliki tujuh kolam, Air terjun mata jitu juga memiliki empat undakan dan stlaktif dengan bentuk beragam yang menghiasi permukaan dinding air terjun, yang tentunya menambah keindahan air terjun yang mendapatkan julukan “ Queen waterfall “

Air terjun mata jitu berada di tengah tengah hutan, pemandangan yang asri lengkap dengan pepohonanya hijau alami membuat air mata jitu menjadi incaran tempat wisata paling terfavorit oleh orang-orang. Air terjun mata jitu yang telah dibentuk jutaan tahun lalu memiliki perpaduan air yang bewarna hijau tua dan muda seakan akan menghipnotis untuk ingin tinggal di sana saking menikmatinya keindahan yang ada pada air terjun mata jitu yang ada di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga:  Makna Maen Jaran, Tradisi Balap Kuda Khas Sumbawa 

Air terjun mata jitu terkenal hingga ke manca negara. Untuk bisa sampai ke air terjun mata jitu pengunjung bisa menyewa perahu nelayan dari Desa Ai Bari Sumbawa. Dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan dan selama perjalanan penyebrangan kita dapat melhat pemandagan Pulau Moyo yang mempesona.

Letak air terjun air mata jitu ini memang di dalam hutan namun tidak jauh dari jangkuan orang-orang. Lokasi ini sangat dikenal sehingga kita bisa bertanya kepada siapapun di daerah Sumbawa.

Sesampainya di Desa Ai Bari, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan ojek motor selama 20 menit atau berjalan kaki selama 1,5 jam. Selama perjalanan menuju air mata jitu dengan mengunakan ojek atau berjalan kaki, kita akan dapat melihat pemandangan savana dan pembukitan yang indah selama perjalanan.

Air terjun mata jitu ini ialah memiliki keindahannya tersendiri yang berbeda dengan yang lain. Air terjun yang sangat indah air berwarna hijau segar dan bersih. Mata jitu bermakna mata air yang jatuh pada kolam yang ada bawah alirannya. Penyebutan itu dikarenakan adanya 7 kolam serta 4 undakan yang ada di bawah air terjun tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *