Kades Terpilih Hasil Pilkades Serentak Dilantik Desember 

SUMBAWA – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa, (Pilkades) serentak tahun 2022 yang dilaksanakan pada 2 November lalu yang diikuti sebanyak 20 desa dI Kabupaten Sumbawa, telah berlangsung dengan aman dan tertib. Kades terpilih akan dilantik dalam bulan Desember mendatang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Anhuyas, S.STP, M.Si, yang ditemui, Selasa (8/11) menjelaskan, secara tentatif pelaksanaan pelantikan 20 Kades terpilih dalam Pilkades kemarin akan dilaksanakan antara 28 November-30 Desember 2022. Namun kapan tanggal pastinya, Uchas, sapaan akrab pejabat muda ini masih belum mengetahui. Yang jelas pelantikannya tidak keluar dalam tahun 2022.

Baca Juga:  Kejar Zero Unprosedural, Disnakertrans Sumbawa Sosialisasikan Migran Aman 

Dijelaskan Anhuyas, adapun mekanisme sampai dengan keluarnya SK Bupati yakni, setelah perhitungan suara rampung tanpa ada keberatan, maka Panitia Pilkades melaporkan hasil Pilkades ke BPD masing-masing. Selanjutnya BPD mengusulkan ke Bupati Sumbawa melalui Dinas PMD untuk diterbitkan SK nya. “Saat ini usulan tersebut masih berada di masing-masing BPD,” ungkap Uchas.

Seperti diketahui, dari 20 Kades terpilih sebanyak 7 calon incumbent yang terpilih kembali, yakni Kades Labuhan Mapin,Alas Barat, Jamaluddin, Kades Balebrang Utan, Iskandar, Kades Olat Rawa Moyo Hilir, Suprianto H. Sahabuddin, Kades Batu Bangka Moyo Hilir, H. Abdul Wahab, Kades  Brang Rea Lenangguar, Iwan Darsono, Kades Lito Moyo Hulu, Maswarang dan Kades Simu, Samsun. Sementara 13 Kades lainnya merupakan pendatang baru. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *