HUT ke 71, IBI Sumbawa Gelar Bhakti Sosial dan Senam Bersama Ibu Hamil

SUMBAWA – Bhakti sosial dan senam bersama ibu hamil yang berlangsung di Taman Mangga Sumbawa, Jum’at (3/6), menjadi puncak peringatan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 71, yang digelar IBI Kabupaten Sumbawa.

Sebelumnya untuk menyambut HUT IBI ke 71 tahun 2022 ini, kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Sumbawa, Hj. Nur Atika, S.ST, M.M Inov, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan sejak tanggal 18 April 2022 lalu. Seperti melaksanakan pelayanan KB serentak di seluruh kecamatan. Termasuk menggelar imunisasi serentak dalam rangka Hari Imunisasi Anak Nasional.

“Setelah kegiatan hari ini (bhakti sosial dan senam bersama ibu hamil), kita juga akan melakukan anjang sana ke rumah 15 bidan yang sudah purna tugas. Dan tanggal 16 Juni nanti, IBI Sumbawa, rencananya akan menggelar seminar dengan tema Peran Bidan dalam menurunkan angka stunting di Kabupaten Sumbawa. Seminar ini diikuti 1001 bidan sebagai peserta. Semuanya anggota IBI,” ujar Hj. Nur Atika.

Ia menyadari di usia IBI yang kian tua masih banyak tantangan yang dihadapi. Utamanya terkait UU Kebidanan No. 04 Tahun 2019, dimana bidan yang ingin membuka praktek harus sudah S1 Kebidanan. Sementara di Sumbawa, 90 persen bidannya masih D3 dan S1 baru 10 persen.

Baca Juga:  Rafiq Bantu Pembangunan Ponpes Ishanul Munawarah Desa Boal

“Inilah tantangan kita untuk meningkatkan kompetensi para Bidan di Sumbawa selain melalui kegiatan non formal dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Kita juga lagi berjuang bagaimana supaya teman-teman bisa melanjutkan sekolah keluar, karena S1 Kebidanan belum ada lembaganya di Sumbawa,” jelasnya.

Karena itu ia berharap pemda dapat memberikan izin melanjutkan pendidikan bagi para Bidan tanpa harus meninggalkan tugasnya. “Kami juga berharap teman-teman Bidan di Sumbawa ini dapat dijadikan PNS melalui jalur rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K),” harapnya.

Sebelumnya Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. H. Hasan Basri, MM, berharap melalui momen HUT IBI ke 71 para Bidan terus mengawal kesehatan keluarga dengan layanan holistik dan berkesinambungan demi mewujudkan generasi berkualitas yang diharapkan daerah dan bangsa.

“Selaku pimpinan daerah mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan Bhakti Sosial yang diadakan oleh IBI Sumbawa yang salah satunya meningkatkan kesehatan serta kebugaran ibu hamil agar mampu melahirkan anak yang sehat dan cerdas,” jelas Bupati.

Baca Juga:  Jemaah Haji Sumbawa Berangkat ke Mekah Tanggal 17 dan 27 Mei 2024   

Khusus kepada seluruh Bidan yang ada di Kabupaten Sumbawa, bupati berpesan  agar terus meningkatkan kualitas diri, terus berjuang meningkatkan kualitas ibu dan serta dapat berjuang menurunkan AKI dan AKB (Akino dan Abano).

“Mari kita dukung upaya yang dilakukan oleh IBI dalam meningkatkan derajat kesehatan ibu dan anak, agar kelak anak-anak kita menjadi sehat, cerdas dan membanggakan daerah. Teruslah berkiprah untuk kesehat wanita dan bangsa Indonesia,” pungkas Bupati. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *