Etika Pancasila Dalam Kaum Milenial 

 

Oleh : Alda junianti

Mahasiswi Prodi S1 Keperawatan, STIKES Griya Husada Sumbawa 

Mengapa akhir-akhir ini banyak generasi muda yang mengabaikan nilai-nilai Pancasila ? penyebab memudarnya nilai pancasila di kalangan remaja ialah adanya globalisasi. Dengan adanya globalisasi, maka generasi muda dengan mudah dan cepat mendapatkan segala informasi dari seluruh dunia.

Informasi tersebut termasuk kebudayaan dan cara hidup manusia dari berbagai belahan dunia. Jangankan para pemuda sekarang anak kecil saja yang baru lahir sudah mengenal yang nama nya hp, makanya para pemuda sekarang itu tidak terlalu mementingkan adat dan budaya di lingkungannya karena adanya pengaruh internet.

Untuk pemuda sekarang sangatlah penting untuk memahami nilai-nilai Pancasila, karena dengan adanya pendidikan Pancasila kita dapat mengharapkan kepada kaum melinel jaman sekarang agar tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar para pemuda zaman sekarang memiliki pedoman atau kaidah dalam berfikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandaskan makna serta nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam kelima sila tersebut.

Baca Juga:  Kerjasama Perguruan Tinggi dan Satuan Pendidikan

Peran kita sebagai pemuda zaman sekarang itu harus mempertahankan Pancasila dengan langkah-langkah sebagai berikut :

1. Belajar dengan sungguh-sungguh.

2. Mempelajari pancasila dan mengamalkannya dalam sehari-hari.

3. Menjaga persatuan sesama pemuda di dalam sekolah dan diluar sekolah.

4. Ikut dalam kegiatan pembangunan dan kegiatan positif lainnya.

5. Menaati aturan hukum yang ada.

Kita sebagai generasi muda sekarang harus mampu meneruskan nilai-nilai luhur yang sudah di terapkan oleh nenek moyang terdahulu. Karena kewajiban kita sebagai generasi pemuda sekarang yaitu untuk tetap menciptakan adat, budaya dan negara yang makmur dimasa mendatang.

Pesan saya untuk para pemuda zaman sekarang agar tetap berpegang teguh pada nilai Pancasila dalam melestarikan budaya sendiri. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *