Desa  

Pemdes Labuhan Sumbawa Salurkan BLT-DD 3 Bulan Sekaligus 

SUMBAWA – Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2022, mulai disalurkan Pemerintah Desa Labuhan Sumbawa, Kecamatan Labuhan Badas, Jum’at (1/4).

Bantuan sebesar Rp 300.000 per bulan itu, diberikan langsung untuk tiga bulan. Terhitung dari bulan Januari, Februari dan Maret. Itu artinya masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KMP) mendapat Rp 900.000 sekaligus.

Jumlah KPM di Desa Labuhan Sumbawa tahun ini mengalami peningkatan cukup signifikan. Tahun lalu, pemdes setempat hanya menetapkan sebanyak 30 keluarga tidak mampu sebagai penerima. Namun tahun ini menjadi 149 orang.

Bertambahnya jumlah penerima ini dikarenakan adanya kewajiban pemdes mengalokasikan 40 persen dari total Dana Desa (DD) untuk belanja BLT-DD.

Baca Juga:  Desa Nijang Dideklarasikan Sebagai Desa STBM

Itu sesuai Kepres Nomor 104 Tahun 2021 tentang prioritas penggunaaan DD tahun 2022.

Pemdes Labuhan Sumbawa sendiri mengalokasikan Rp 536,4 juta dari 1,3 M DD yang diperoleh tahun ini untuk BLD-DD selama 12 bulan.

Karena itu pemdes memastikan tidak ada kegiatan fisik yang akan dilakukan pada tahun ini. “Tahun ini DD kita terserap cukup banyak untuk BLT-DD. Jadi harap maklum jika tahun ini kita tidak bisa bangun jalan dan jembatan. Fokus kita tahun ini untuk kegiatan non fisik saja,” kata Kepala Desa Labuhan Sumbawa, Kamiruddin, S.AP, yang ditemui usai menyerahkan BLT-DD di aula kantor desa setempat.

Baca Juga:  Pemdes Labuhan Sumbawa Salurkan BLT-DD Enam Bulan Sekaligus

Kepada penerima bantuan, ia berpesan agar dapat memanfaatkannya sebaik mungkin terutama untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa ramadhan tahun ini.

Bantuan selanjutnya akan diserahkan setiap bulan. Anggarannya sudah tersedia untuk 5 bulan ke depan. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *