Gandeng Plan Indonesia, Pemda Sumbawa Gelar Musrenbang Perempuan dan Penyandang Disabilitas

SUMBAWA – Bupati Sumbawa, diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Iskandar D, Mec. Dev., membuka secara resmi Musrenbang Perempuan dan Penyandang Disabilitas, buah kerjasama Plan Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, yang bertempat di Aula SMK Negeri 1 Sumbawa, Jum`at (18/3).

Dalam sambutannya yang disampaikan Asisten, Bupati menyambut baik pelaksanaan kegiatan yang dinilainya sebagai ikhtiar menggali permasalahan dan kebutuhan kaum perempuan dan penyandang disabilitas, di Kabupaten Sumbawa. “Hasil Musrenbang hari ini akan menjadi bahan dalam menyusun perencanaan, sehingga seluruh masyarakat dapat terlibat dan menikmati pembangunan tanpa ada satupun yang tertinggal,” ujarnya.

Menurut Bupati, pembangunan harus sensitif terhadap semua. Termasuk memperhatikan kebutuhan kaum perempuan dan penyandang disabilitas. Karena itu, sambungnya, kegiatan musrenbang ini menjadi forum rembuk bersama, dalam menggali permasalahan bagi kalangan perempuan dan penyandang disabilitas.

Baca Juga:  Dewan Pengupahan Segera Bahas UMK Sumbawa Tahun 2023 

Bupati berharap, melalui musrenbang lahir solusi dalam membuat kebijakan afirmatif untuk memperkuat pemberdayaan terhadap kaum perempuan di Kabupaten Sumbawa. Selain itu, ia juga berharap dapat mendiskusikan masalah dan solusi yang dihadapi para penyandang disabilitas.

Sebelumnya, Provincial Coordinator Nusa Tenggara Barat, Water for Women Project Yayasan Plan Indonesia, Jatmoko, menegaskan kegiatan ini untuk menampung aspirasi dari kelompok perempuan dan penyandang disabilitas. Kelompok ini menurutnya, juga memiliki kesetaraan jender sehingga rasa keadian dapat dirasaan oleh semua kalangan dan golongan tanpa terkecuali.

Melalui kegiatan Musrenbang ini Jatmoko, berharap kelompok perempuan dan penyandang disabilitas dapat memberikan saran dan masukan, sehingga Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban juga mampu dirasakan oleh mereka. (PS)

Baca Juga:  Pasca Kenaikan BBM, Khaeruddin : Konsumsi Masyarakat dan Perekonomian Sumbawa Masih Normal 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *