Rafiq Pacu Semangat Penyandang Disabilitas 

SUMBAWA – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq menyampaikan, keterbatasan penyandang disabilitas bukan halangan untuk meraih kesuksesan. Karena masih banyak potensi atau kemampuan lain yang dimiliki dan dapat dikembangkan.

“Teman-teman tidak memiliki kekurangan, tapi memiliki skill, kemampuan dan mungkin lebih dari teman-teman di luar disabilitas. Tetapi masalahnya, kemampuan itu belum kita dorong secara optimal,” ujarnya dalam sambutan Peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021, yang digelar di Taman Mangga, Sumbawa, Selasa (07/12/2021).

Rafiq menyebutkan, sudah banyak penyandang disabilitas yang berhasil. Seperti Fanny Evrita Rotua Ritonga, penyandang Tuna Daksa yang sukses di bidang bisnis produk kecantikan bernama Thisable Beauty Care. Kemudian Stephen William Hawking, seorang Ahli Fisika Teoritis Bahasa Inggris yang terkenal dan sudah mendunia karena prestasinya.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Apresiasi Konstribusi Plan Indonesia

Ada pula Ludwig Van Beethoven. Ia dikenal sebagai salah satu pianis dan komposer terbaik yang pernah ada di dunia. Stevie Wonder adalah penyanyi dan pianis terkenal yang masih diingat masyarakat karena keadaan Tuna Netra yang dimilikinya tak menghalanginya dalam berkarya.

Termasuk Steve Jobs, seorang yang terkenal dan ahli dalam bidang Teknologi. Walau menderita disleksia, tidak membuat ia berhenti dalam berkari. Steve Jobs adalah pendiri perusahaan Apple Inc yang merancang dan membangun Iphone, MAC, Apple Computers, dan Apple TV.

“Saya teringat teman-teman difabel yang berhasil sukses bahkan namanya sudah mendunia. Artinya apa, teman-teman difabel mempunyai ruang, waktu dan kesempatan bagaimana mengoptimalkan kekurangan yang ada menjadi kelebihan dan dapat mengguncangkan dunia,” tegas Rafiq.

Rafiq berharap, dengan refrensi penyandang difabel yang dicontohkan tersebut, dapat memacu semangat dan memotivasi penyandang disabilitas di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Dea Guru Syukri Rahmat Kembali Pimpin MUI Sumbawa

“Jadi harapannya, ada teman-teman difabel dari Kabupaten Sumbawa, yang juga dapat mengguncangkan dunia dan itu bukanlah hal yang tidak mungkin selama kita bergerak dan bersinergi bersama,” ucap Rafiq. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *