Rafiq Bantu Pembangunan Ponpes Ishanul Munawarah Desa Boal

SUMBAWA – Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq SH, mendukung pembangunan Pondok Pesantren Ishanul Munawarah, Desa Boal, Kecamatan Empang. Pada peletakan batu pertama Ponpes yang berlangsung, Sabtu (4/2), Ketua DPC PDI-P Sumbawa itu menyerahkan bantuan Rp 100 juta kepada pengurus.

Kehadiran orang nomor satu di parlemen KM 7 ini, disambut hangat dan dimanfaatkan untuk berdiskusi tentang pembangunan Ponpes di Kabupaten Sumbawa termasuk di Boal.

Dikatakan Rafiq, bahwa keberadaan Pondok Pesantren mengemban beberapa peran penting bagi bangsa ini, utamanya sebagai Lembaga Pendidikan Islam yang sekaligus memainkan peran sebagai lembaga bimbingan keagamaan, keilmuan, pelatihan, pengembangan masyarakat, dan sekaligus menjadi simpul budaya.

Rafiq sangat memahami bahwa di tengah dinamika sistem kehidupan dunia yang mulai meninggalkan nilai-nilai moral dan pranata sosial, tampak jelas geliat lembaga-lembaga pendidikan Islam khususnya pesantren menyiapkan peserta didiknya menjadi manusia yang tidak saja memiliki kompetensi keilmuan dan life skill yang memadai, namun juga menjunjung tinggi aspek moral sebagai landasan berpijak.

Baca Juga:  Kunjungi SMKN 1 Sumbawa, Gol A Gong Beri Pelatihan Menulis dan Videografis

Pesantren adalah tempat dimana calon-calon pengemban amanah negara tumbuh dan belajar membekali diri dengan menyeimbangkan kebutuhan material dan spiritual untuk menyongsong hiruk-pikuk masa depan.

Karenanya keberadaan Pondok Pesantren sebagai bagian integral dari kelompok agent of change diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pencerahan masyarakat.

“Berdasarkan fakta-fakta historis, sangat sulit dipungkiri keterlibatan pondok pesantren sangat strategis dalam membentuk dan mencerdaskan generasi bangsa ini. Demikian untuk pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas di daerah ini, keberadaan Pondok Pesantren tak bisa diabaikan, karena menjadi garda terdepan dalam mempersiapkan generasi yang cerdas dan bertakwa,” ujarnya.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Dukung Riset Aksi IWM

Ia berharap dengan adanya fasilitas yang rapi dan lengkap, para santri dapat lebih semangat menuntut ilmu, dan Ponpes Ishanul Munawarah, Desa Boal, Kecamatan Empang semakin maju dan berkembang. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *