Desa Jorok Unter Iwis Menjadi Contoh Pengelolaan Kamtibmas Sinergitas Tiga Pilar

SUMBAWA – Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwis, merupakan salah satu desa percontohan dalam pengelolaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) melalui sinergitas Tiga Pilar Desa, yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa. Hal itu disampaikan Wakapolres Sumbawa, Kompol Rafles P. Girsang, S.I.K., dalam sambutannya saat memimpin Apel Kaposkamling dan Satpam yang berlangsung di Gedung Serba Guna Desa Jorok, Kecamatan Unter Iwis, selasa (30/11/2021).

Hadir pada kegiatan tersebut, Plh. Kasat Binmas, IPTU Abdul Muis Tajuddin SH, Perwakilan Koramil Kota, Polsek Kota, pemerintah Kecamatan Unter Iwes, Sekdes Jorok beserta seluruh staf, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Anggota BPD, Kadus, Toga, Toma, Toda Desa Jorok, serta Kaposkamling dan Satpam.

Wakapolres, dalam kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Desa Jorok, yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pengamanan lingkungan yang merupakan penerapan dari sistem keamanan swakarsa.

Menurutnya, apel yang dilaksanakan hari ini di Desa Jorok, merupakan upaya bersama menjadikan desa tersebut sebagai salah satu desa percontohan dalam pengelolaan kamtibmas dengan tujuan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif melalui sinergitas Tiga Pilar Desa, yakni Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa

Baca Juga:  Kepala Kemenag Sumbawa Ingatkan KUA Transparan Kelola BOP  

“Apel ini bertujuan mengingatkan kembali pengamanan lingkungan guna terciptanya situasi kondusif di wilayah Kabupaten Sumbawa. Melalui kegiatan ini, Kaposkamling dan Satpam beserta para anggotanya diingatkan agar meningkatkan kembali keamanan lingkungan yang terorganisir dengan baik dan terkendali,” ujarnya.

Sebagai bekal dalam melaksanakan tugas keamanana lingkungan, Wakapolres, menekankan beberapa hal. Yakni, tingktakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan mantapkan kesadaran akan pentingnya keterlibatan setiap anggota masyarakat di dalam bidang keamanan secara swakarsa, kemudian tumbuh dan kembangkan samangat gotong royong di bidang Kamtibmas yang sudah menjadi salah satu warisan budaya bangsa. Serta, gunakan pendekatan kemitraan bagi setiap anggota Siskambling dan Satpam dimanapun berada dan bertugas, sehingga dicintai, disegani dan dihargai oleh masyarakat.

Baca Juga:  Dea Guru Syukri Rahmat Kembali Pimpin MUI Sumbawa

“Saya berharap agar para Kaposkamling dan Satpam serta seluruh anggotanya senantiasa siap untuk mencegah dan menanggulangi sarta mendeteksi dini atas gejala negatif gangguan kamtibmas yang timbul di masyarakat,” harap Wakapolres.

Ia juga berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan vaksinasi Covid-19 di wilayah Kabupaten Sumbawa. “Secara umum angka penularan Covid-19 sudah menurun, sehingga kita merasa lega, namun tetap tidak boleh abai dan tetap harus mempertahankan,” ucap Wakpolres Sumbawa. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *