Pocadi Hadir di Taman Mangga   

SUMBAWA – Terus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Itulah upaya yang terus digalakkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) Kabupaten Sumbawa. Salah satu cara yang kini tengah ditempuh adalah, dengan membangun Pojok Baca Digital (Pocadi).

Taman bacaan itu, kini sedang dibangun di jantung Kota Sumbawa. Tepatnya di Taman Mangga, Kelurahan Uma Sima, Kecamatan Sumbawa. Kehadirannya sudah bisa  dimanfaatkan sekitar pertengahan Desember 2021 mendatang.

“Insya Allah, Desember nanti Pocadi ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat kita,”  ungkap Kepala Dispussip Sumbawa, H. Sahril S.Pd, Kamis (18/11/21).

Dijelaskannya, Pocadi merupakan ruang baca yang disiapkan bagi masyarakat untuk membaca. Di sana akan disediakan menu buku bacaan secara fisik maupun elektronik. Keberadaannya diharapkan dapat membangkitkan minat baca masyarakat.

Baca Juga:  Indeks Pembangunan Statistik Sumbawa Lampaui Indeks Nasional 

Ada alasan tersendiri mengapa Taman Mangga dipilih jadi lokasi Pocadi. Selain lokasinya yang strategis karena berada di pusat kota, taman tersebut juga selalu ramai dikunjungi oleh berbagai kalangan terutama kaum milenial.

Pocadi nantinya akan dilengkapi dengan ruangan baca yang nyaman lagi menyenangkan. Selain ruangan full AC, juga dilengkapi dengan fasilitas lain seperti komputer serta koneksi internet yang dapat diakses secara gratis.

“Masyarakat nanti bisa berselancar mencari ilmu pengetahuan melalui dunia digital di Pocadi Dispussip Sumbawa. Ini sebagai bentuk layanan publik kita,” jelas mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa itu.

Pocadi merupakan program dari pemerintah pusat melalui Perpustakaan Nasional. Dia berharap, Pemda Sumbawa ke depan membuat program serupa. Sehingga taman bacaan tidak hanya ada di Taman Mangga. Tapi juga ada di lokasi-lokasi lainnya di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Apresiasi Pelaksanaan Riset Aksi Manajemen Sumber Daya Air Terpadu

“Ini bantuan stimulan dari Perpustakaan Nasional. Kita harapkan pemda mereplikasi pojok-pojok digital di lokasi lainnya,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *