Digelar 8-9 November 2021, Tiga Wakil Sumbawa di KSN Tingkat Nasional Segera di TC

SUMBAWA – Kompetensi Siswa Nasional (KSN) SD tingkat nasional, resmi digelar tanggal 89 November 2021 mendatang. Tiga wakil Sumbawa, akan bersaing di ajang bergengsi yang juga diikuti pelajar SD se Nusantara itu.

Untuk mata pelajaran Matematika, diwakili Zasqia Salsabillah, murid SDN 2 Sumbawa. Sedangkan pada mata pelajaran IPA, diwakili Ifana Nurul Alifah, murid SDIT Samawa Cendekia, dan Dinda Oktalisa, murid SDN Jelapang Kecamatan Lunyuk.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa, memastikan ketiga siswa tampil dengan kemampuan terbaiknya pada kompetisi yang digelar secara virtual itu. Karenanya, mereka akan dikarantina selama dua hari di Hotel Grand Samawa, Sumbawa Besar.

“TC nya kita laksanakan dua hari, mulai tanggal 6-7 November. Kalau untuk mapel IPA kayaknya bisa sampai tiga hari, kan pelaksanaannya baru tanggal 9 November,” ungkap Kadis Dikbud Kabupaten Sumbawa, melalui Kasi Kurikulum dan Peserta Didik Bidang Pembinaan SD, Mukhlis, S.Pd, yang ditemui belum lama ini.

Baca Juga:  Sudah 80 Persen, Dinas Dikbud Optimis DAK Fisik SD Rampung Akhir November 

Pembinaan itu akan melibatkan guru dan kepala sekolah berkompeten. Dari kalangan guru rencananya melibatkan guru di SMAN 2 Sumbawa. Sedangkan dari kalangan kepala sekolah, yakni Kepala SDN 16 Sumbawa. “Kita ingin memperkaya kembali materi yang diperkirakan akan muncul di tes nanti. Pelatih yang kita direkrut ini, yang pernah membawa anak-anak ke nasional,” terangnya.

“Tim dari kabupaten ada lima orang. Tiga pembina dari sekolah masing-masing dan dua dari kabupaten. Satu guru dan satu kepala sekolah,” lanjut MukhliS.

Teknis pembinaan menurutnya, sepenuhnya akan diserahkan ke tim pembina. Tentu tetap mengacu terhadap pengalaman pembinaan peserta KSN di tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga:  Meriahkan HGN dan HUT PGRI, SMKN 3 Sumbawa Gelar Lomba Hingga Talk Show Literasi

Prestasi siswa Sumbawa di ajang bergengsi tingkat pelajar SD itu, terbilang bagus. Dua tahun terakhir sukses tembus nasional.
Pada KSN tahun 2019 lalu meraih medali perak. KSN tahun 2020 prestasi sedikit merosot hanya masuk lima besar. “Semoga tahun ini kita bisa dapat juara,” harapnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *