UNSA Lahirkan 412 Sarjana Baru

SUMBAWA – Universitas Samawa (UNSA) kembali melahirkan sarjana baru. Ini ditandai dengan digelarnya wisuda Sarjana (S1) dan Ahli Madya (D3) Angkatan ke-18 UNSA, Jum’at (29/10/2021), di Auditorium setempat.

Ada sebanyak 412 sarjana baru yang diwisuda kali ini. Mereka berasal dari 8 fakultas dan 17 program studi.

Hadir dalam momen bersejarah itu, Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Rektor UNSA, Prof Dr. Syaifuddin Iskandar, Tokoh Nasional Prof. Dr. Din Syamsuddin, dan H. Muhammad Syafruddin ST (Anggota DPR RI).

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan selamat kepada para wisudawan/wisudawati yang diwisuda. Ia berharap ilmu yang diperoleh di UNSA, dapat diaplikasikan dalam lingkungan bermasyarakat.

Bupati mengatakan, tantangan bagi lulusan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 ini semakin meningkat. Setiap lulusan harus memiliki kompetensi yang mempuni untuk bersaing secara global.

Baca Juga:  72 Siswa SD Meriahkan Festival Tunas Bahasa Ibu Tingkat Kecamatan Sumbawa

Untuk menjawab tantang tersebut, lembaga pendidikan tinggi di daerah tentunya harus mampu mengembangkan pendidikan yang berorientasi pada standar kompentensi nasional dan internasional.

“Termasuk memperkuat pendidikan karakter dengan terus menanamkan pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, dan pendidikan watak,” ujar Bupati

Lebih lanjut, Haji Mo’, sapaan akrab Bupati menegaskan, pemerintah dalam hal ini juga terus menggalakkan implementasi pendidikan karakter pada semua jenjang pendidikan. Bahkan pada tanggal 4 Oktober lalu, Pemkab Sumbawa telah melaunching Peraturan Bupati Sumbawa, Nomor 33 tahun 2021 tentang Pendidikan Karakter.

“Regulasi ini menjadi sangat penting, bahkan mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud Ristek karena berbasis nilai-nilai luhur budaya daerah Sumbawa, yaitu Takit Ko Nene, Kangila Boat Lenge.” ucap Bupati

Baca Juga:  Kata Kadis Dikbud Sumbawa Soal Minimnya Anggaran UPT Museum

Diakhir sambutannya, Bupati berharap melalui momentum wisuda ini akan melahirkan lulusan-lulusan muda UNSA yang aktif dan beprestasi, yang siap memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara tercinta.

“Mari harumkan almamater adik-adik sekalian dengan karya-karya yang aplikatif dan solutif, untuk menjawab permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat, bangsa dan negara tercinta,” tutupnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *