Serapan Dana Desa di Sumbawa Baru 84 Persen

SUMBAWA – Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Sudarmanto S.E., M.M., menyebutkan masih ada beberapa anggaran yang digelontorkan pemerintah pusat ke Kabupaten Sumbawa, namun belum terserap sepenuhnya. Seperti Dana Desa (DD) yang baru mencapai 84 persen. Bahkan diketahui, pencairan DD tahap III hingga kini belum dilakukan sama sekali.

“Tolong dipercepat. Batas akhir sampai 20 Desember. Semakin cepat penyelesaiannya di desa, maka semakin bagus,’’ ujarnya saat menandatangani nota kesepakatan tentang pemanfaatan bersama data dan informasi serta penguatan koordinasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam hubungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, di Aula H. Hasan Usman lantai I Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga:  Dana Desa di Sumbawa Tahun 2023 Naik 4,6 M 

Penandatanganan itu langsung dilakukan Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, dan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Sudarmanto S.E., M.M., serta dihadiri Kepala KPPN Mataram, Sekda Sumbawa, Kepala KPP Pratama, Kepala Bea Cukai, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Sumbawa.

Terhadap realisasi Dana Desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa, Rachman Ansori S.E., M.SE, menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan kegiatan di lapangan, baik terhadap DD maupun stunting. Saat ini pihaknya sedang mengejar penyaluran DD tahap III dan sekitar 50 desa yang sudah lengkap admministrasi, tinggal dimasukkan ke aplikasi untuk pelaporan.

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Usulkan 833 Formasi P3K Untuk Tahun 2022

Sementara untuk stunting masih menunggu laporan, dimana saat ini sudah masuk sekitar 79 desa. “Tinggal diklopkan dengan BLT-DD. Kita upayakan kejar dalam minggu ini,’’ pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *