Pemda Sumbawa Kembali Gratiskan Tes Rapid Antigen

SUMBAWA – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa, dipastikan menanggung kembali biaya tes rapid antigen bagi peserta Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum tahun 2021.

Ini tentunya menjadi kabar gembira bagi mereka. “Iya. Kita gratiskan lagi. Kemarin saja (peserta SKD) yang jumlahnya 3000-an lebih sanggup kita talangi. Masak sekarang yang pesertanya hanya ratusan kita nda bisa,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, M.M., saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (28/10/2021).

Kebijakan ini menurut Haji Bas, sapaan akrabnya, bukan saja diperuntukkan bagi peserta SKB tes CPNS. Namun, berlaku juga untuk peserta seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). “Sama. Untuk peserta P3K nya kita digratiskan juga,” ujarnya.

Pemda kata Haji Bas, tidak menginginkan ada peserta seleksi yang tidak ikut lantaran tidak ada biaya rapid tes antigen. Apalagi tes SKB ini, ibarat babak final dalam sebuah pertandingan.

Baca Juga:  Bupati Sebut Sumbawa Urutan Ketiga Penyertaan Modal Bank NTB Syariah 

Di sinilah nasib mereka ditentukan, apakah dinyatakan lulus atau tidak dalam tes CPNS jalur umum tahun 2021. “Kan kasihan, tinggal selangkah lagi tahu-tahunya tidak lulus hanya gara-gara tidak ikut rapid tes. Ini tentunya tidak kami inginkan,” tegas mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sumbawa ini.

Sama seperti peserta SKD, tes rapid antigen bagi peserta SKB dan P3K kemungkinan besar, di pusatkan kembali di Gedung Olahraga (GOR) Mampis Rungan Sumbawa. Untuk jadwal rapid, dilakukan sehari sebelum pelaksanaan tes. Rapid antigen ini merupakan salah satu syarat wajib yang harus dijalani oleh semua peserta tes.

Seperti diketahui, ada sebanyak 657 peserta SKD dinyatakan lulus berdasarkan nilai passing grade dan berhak untuk mengikuti SKB tes CPNS jalur umum tahun 2021, di Kabupaten Sumbawa.

Berdasarkan jadwal tentative, nama-nama peserta yang dinyatakan lulus tadi, akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN), tanggal 29-30 Otober 2021. Merekalah inilah yang nantinya ditetapkan sebagai peserta SKB.

Baca Juga:  Tekan Inflasi, Pemda Sumbawa Luncurkan Sejumlah Program Bantuan 

Untuk jadwal pelaksanaan tes SKB sendiri, Pemda Sumbawa, sampai hari ini masih menunggu informasi resmi dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Namun diprediksi awal atau pertengahan bulan November mendatang, tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tersebut, jadwalnya sudah dirilis oleh BKN.

SMK Negeri 3 Sumbawa, sepertinya masih dipilih sebagai pusat lokasi pelaksanaan tes. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *