Pabrik Oksigen RSUD Sumbawa, Resmi Beroperasi

SUMBAWA – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi Sekretaris Daerah, Drs. H. Hasan Basri, MM, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Lalu Suharmaji Kertawijaya, ST., MT., Kadis Dikes, I Ketut Sumadi Artha, SH., Direktur RSUD, dr Dede Hasan Basri dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumbawa, meninjau pengoperasian generator oksigen (mesin produksi oksigen) di RSUD Sering, Senin (27/09).

Pengadaan generator oksigen ini merupakan hasil Kerjasama Operasional (KSO) pihak RSUD Sumbawa dengan PT. Indonusa Sahabat Mandiri, yang merupakan ekslusif distributor produk Novair Prancis untuk wilayah Indonesia.

Bupati sangat mengapresiasi pengadaan generator oksigen ini dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa, termasuk Puskesmas di Kecamatan. Kapasitas produksi generator ini relatif besar mencapai 120 tabung per hari untuk tabung berukuran 6 meter kubik.

Baca Juga:  Program HALS 2022 Mulai Disosialisasikan, KSM Harus Sudah Terbentuk Sebelum 18 Maret

Menurut Niksan Purba, Direktur PT. Indonusa Sahabat Mandiri, selama 8 tahun KSO antara PT. Indonusa dengan RSUD Sumbawa, biaya service maintenance ditanggung oleh PT. Indonusa, dan setelah KSO berakhir, peralatan akan dihibahkan menjadi aset daerah.

Disampaikan Niksan bahwa purety output atau tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan generator oksigen merk Novair mencapai 99,5% dan merupakan yang terbaik di Indonesia.

Hal ini menjamin pada saat oksigen digunakan untuk peralatan medis jenis apapun, transfernya tidak akan menimbulkan masalah.

Bahkan oksigen yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri kecil non medis, termasuk bisa mengcover kebutuhan oksigen di daerah-daerah lainnya di wilayah NTB, karena generator oksigen di RSUD Sumbawa ini, merupakan yang pertama di Provinsi NTB. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *