KPU Sumbawa Luncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2024

SUMBAWA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa, resmi meluncurkan Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Tahun 2024.  Kegiatan berlangsung meriah di Halaman Kantor KPU setempay, Kamis (30/05) malam.

Hadir pada malam peluncuran, Bupati Sumbawa diwakili oleh Asisten III, Ir. Dirmawan, Komisioner KPU NTB, Agus Hilman, Sekretaris KPU NTB, Komisioner KPU dan Bawaslu Sumbawa, Kapolres, Kajari dan Dandim.

Turut hadir pula kepala OPD, pimpinan parpol peserta Pemilu 2024, Komisioner KPU Kabupaten/Kota se NTB, Kepala PLN, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ketua LATS, Lintas Etnis, Forum Disabilitas, perwakilan Organisasi Kepemudaan (OKP), Insan Pers, dan PPK se Kabupaten Sumbawa.

Ketua KPU Sumbaw, Syamsi Hidayat, S.I.P mengatakan, Pilkada Sumbawa Tahun 2024 mengangkat tema MARAS (Mandiri, Akuntabel, Profesional, Adil dan Sukses). “Setiap apapun kita lakukan dengan bahagia. Apapun perseteruan pemilihan, tidak ada persoalan. Yang terpilih secara aturan kita akui, dan yang tidak terpilih itulah demokrasi,” ungkapnya.

Dijelaskan, peluncuran ini menandakan kesiapan KPU Sumbawa untuk melaksanakan Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sumbawa.

“Ini merupakan tahapan persiapan yang kami lakukan. Beberapa hari lalu kami sudah lakukan perekrutan badan adhoc Pilkada 2024. Di tingkat kecamatan ada yang namanya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan tingkat Desa Panitia Pemilihan Desa (PPS). Sudah dilantik dan bekerja,” jelasnya.

Baca Juga:  Ini Pesan Menteri Gus Yaqut di HAB Kemenag ke 77 Tahun 2023 

Selanjutnya kata Syamsi, akan dilakukan pemutakhiran data pemilih oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Diharapkan, masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk kesuksesan tahapan tersebut.

“Tanggal 27 November kita akan melakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Kami mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyalurkan hak pilih memilih Pemimpin Sumbawa,” ajaknya.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten III Setda Sumbawa, Ir. Dirmawan menyampaikan, apresiasi kepada KPU Sumbawa yang telah bekerja keras, berdedikasi, dan profesional demi penyelenggaraan yang berkualitas.

Menurutnya, pemilihan umum adalah pilar penting dalam membangun demokrasi. Pemilihan bupati dan wakil bupati memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menentukan arah pembangunan ke depan.

“Ini merupakan momentum penting dalam memilih pemimpin masa depan. Ini merupakan wujud nyata kita dalam membangun daerah tercinta,” ujarnya.

Perlu disadari tandasnya, pemilihan yang jujur dan adil merupakan harapan bersama. Oleh karena itu, selaku pimpinan daerah, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama berperan aktif dalam setiap tahapan, termasuk menjaga kondusifitas daerah.

Baca Juga:  Tak Lolos Administrasi P3K, Puluhan Tenaga Non ASN Ngadu ke Ansori 

“Partispasi adalah kunci suksesnya pemilihan ini,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU NTB diwakili Ketua Divisi Bidang Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia, Agus Hilman mengucapkan selamat atas peluncuran Tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa 2024.

“Semoga menjadi awal dari kesuksesan pembangunan Kabupaten Sumbawa di masa yang akan datang,” harapnya.

Menurutnya, KPU tidak bisa bekerja sendiri dalam mensukseskan semua tahapan. Diperlukan kolaborasi semua stake holder, termasuk masyatakat.

“Tidak berjalan sukses tanpa adanya dukungan dari TNI Polri, Pemerintah, Peserta Pemilu, dan masyarakat. Kami tidak bisa kerja sendiri, tapi perlu adanya kolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *