Relawan TAGANA Disos Sumbawa Siapkan Dapur Umum Bagi Korban Banjir KSB 

SUMBAWA – Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa, mengirim anggota Tagana ke lokasi banjir yang terjadi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Langkah yang dilakukan Disos Sumbawa ini merupakan sikap keprihatinan terhadap musibah banjir yang menerjang sejumlah desa di Bumi Pariri Lema Bariri tersebut.

Personil yang dipimpin langsung Ketua Tanaga Sumbawa, Dedi Susanto S.Pd.I membuka dapur umum lapangan (Dumlap). “Selama di KSB, anggota Tagana Sumbawa akan membuka dapur umum untuk beberapa hari ke depan. Aksi kemanusiaan ini sesuai koordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi NTB,” ungkap Kadis Sosial Sumbawa melalui Kabid Linjamsos, Syarifah S.Sos., M.Si, usai melepas keberangkatan pasukan Tagana, Selasa (14/2) pagi.

Ketua Tagana Sumbawa, Dedi Susanto mengatakan, personil Tagana yang dikirim ke KSB sudah berpengalaman menangani berbagai bencana tidak hanya di NTB, namun juga di luar NTB. Dalam menangani dapur umum lapangan, personil Tagana Sumbawa mampu menyiapkan 8000 bungkus nasi siap saji dalam waktu beberapa jam.

Baca Juga:  Harga Beras Naik, Diskoperindag Sumbawa Ajak Bulog Intervensi Pasar 

Ia berharap keberadaan Tagana Sumbawa dapat meringankan tugas pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dalam menangani musibah banjir tersebut. “Kami akan berada di KSB selama dibutuhkan,” ujar Dedi, yang juga mantan Koordinator Tagana Provinsi NTB ini.

Seperti diketahui, musibah banjir yang melanda Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menyebabkan sekitar 7.500 rumah terendam. Diperkirakan sebanyak 30.000 jiwa terdampak banjir. Beberapa desa yang terdampak banjir luapan Sungai Brang Rea ini antara lain Desa Tepas Sepakat, Desa Tepas, Desa Beru, Desa Sapugara Bree dan Desa Seminar Salit Kecamatan Brang Rea.

Kemudian Desa Tamekan, Kelurahan Sampir, Kelurahan Bugis dan Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang. Warga sangat membutuhkan makanan siap saji dan bantuan logistic lainnya.

Baca Juga:  Lepas Ternak di Pusat Kota, Sanksi Siap Menanti

Pemda Sumbawa Barat bersama Pemprov NTB saat ini sudah menyalurkan bantuan logistik bagi korban banjir di dua kecamatan berupa kebutuhan makanan dan pakaian. Pemerintah juga telah membangun dapur umum yang dipusatkan di Kantor Dinas Sosial Sumbawa Barat. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *