Menjaga Kesehatan Dari Kebersihan Lingkungan Rumah 

Oleh : Dea Pitaloka 

Mahasiswa D3 Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Samawa 

Mewujudkan keluarga yang sehat harus dimulai dari menjaga kebersihan lingkungan rumah. Menjaga kebersihan lingkungan rumah adalah salah satu upaya kita agar kita dapat terhindar dari berbagai penyakit, terutama seperti demam berdarah, muntaber, typus, diare dan masih banyak lagi. Ini dapat diciptakan dengan menciptakan suatu lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman. Oleh karena itu, menjaga kebersihan lingkungan rumah merupakan tanggung jawab setiap anggota keluarga.

Memiliki rumah yang bersih dan sehat merupakan impian setiap orang. Namun kenyataannya masih banyak orang yang tinggal dalam rumah yang kotor dan tidak memenuhi standar kesehatan. Padahal, kondisi rumah yang seperti ini dapat menjadi tempat berbagai virus atau kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu menjaga lingkungan hidup dengan melakukan kegiatan pelestarian lingkungan rumah adalah salah satu cara simple.

Menjaga lingkungan hidup dengan melakukan pelestarian lingkungan rumah yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar sampah, menghemat daya listrik, mengurangi sampah dan menanam pohon. Menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan dapat menjaga kesehatan kita dan orang-orang yang ada di sekitar kita. Selain itu, membuang sampah pada tempatnya juga dapat meminimalisir resiko bencana alam seperti banjir.

Baca Juga:  Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Guru 

Semakin tinggi konsumsi listrik yang kita gunakan maka semakin tinggi pula emisi CO2 yang dapat merusak atmosfer bumi kita. Akibat kerusakan atmosfer dapat mempengaruhi pemanasan global. Dengan menghemat listrik di lingkungan rumah kita telah melindungi bumi dari pemanasan global.

Mengurangi pengunaan sampah adalah bagaimana upaya kita untuk mengelola sampah dengan baik agar dapat pula menghemat sumber daya alam yang ada. Ada beberapa manfaat yang sangat menguntungkan bagi kita jika kita mengelola sampah dengan baik yaitu dapat menghemat energi, mengurangi polusi, menghemat SDA, lebih ekonomis dan menghemat uang kita.

Ada banyak manfaat menanam pohon di sekitaran rumah baik untuk kesehatan fisik, mental, maupun untuk lingkungan. Manfaat menanam pohon di sekitaran rumah yang baik untuk kesehatan fisik dan mental antara lain: menyejukkan rumah kita di musim panas, meredam kebisingan, membersihkan udara, bisa meningkatkan fungsi kognitif dan membantu mencegah banjir.

Baca Juga:  Pentingnya Peran Guru Dalam Menghadapi Masa Depan

Nah mulai sekarang, biasakan untuk membersihkan lingkungan rumah secara teratur dan dan menyeluruh, supaya kita dapat terhindar dari berbagai penyebab penyakit. Rumah yang nyaman adalah rumah yang mampu memberikan kehangatan bagi setiap anggota keluarganya. Agar tetap terasa nyaman untuk ditinggali kita wajib menjaga kebersihan rumah baik di dalam maupun di lingkungan sekitar tempat tinggal kita. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *