Pertahankan Predikat WTP, Bupati Sumbawa Terima Penghargaan Menteri Keuangan 

SUMBAWA – Pemerintah Kabupaten Sumbawa berhasil mempertahankan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Ini merupakan keberhasilan 10 kali berturut-turut sejak tahun 2012 sampai dengan 2021.

Atas keberhasilan ini Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, berhak menerima piagam penghargaan dari Menteri Keuangan. Piagam tersebut diserahkan langsung Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB mewakili Menteri Keuangan RI, Senin (17/10), di Ruang Rapat H. Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Keuangan RI yang telah memberikan piagam penghargaan yang plakatnya telah diterima secara langsung di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI di Jakarta pada tanggal 22 September lalu.

Kabupaten Sumbawa kata Bupati yang biasa yang sapa Haji Mo’ ini, memang sudah mendapat opini WTP 10 kali berturut-turut. Namun, Ia menyadari masih terdapat kekurangan maupun kelemahan dalam pengelolaan keuangan daerah yang menjadi temuan pemeriksaan. Baik dari sisi sistem pengendalian intern maupun kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Baca Juga:  Dapat Kuota Tambahan 12.000 Tabung Per Hari, Pemda Himbau Masyarakat Bijak Gunakan Gas Melon

“Karena itu kami sangat berharap kepada Kementerian Keuangan RI khususnya Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, agar dapat terus memberikan bimbingan dan arahan sehingga Pemerintah Kabupaten Sumbawa tetap dapat mempertahankan opini WTP ini,” harapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTB, Sudarmanto, menyampaikan WTP bukanlah sekedar simbol atau plakat.  Tetapi menjadi bukti bahwa Pemerintah Daerah telah melaksanakan manajemen keuangan dengan baik.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihaknya dalam dua tahun terakhir, manajemen keuangan Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam keadaan clear, bersih dan tidak ada kesalahan material.

Pada kesempatan itu, Sudarmanto juga memaparkan kinerja APBN, diantaranya kinerja penyaluran DAK Fisik Provinsi NTB sampai dengan 30 September 2022 yang berada pada peringkat 1 nasional. Adapun kinerja penyaluran DAK Fisik Kabupaten Sumbawa sebesar 133,94 milyar (82,51%) berada pada peringkat 2 dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi NTB. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *