Dibuka 21 September, Rekrutmen Panwascam Utamakan Keterwakilan Perempuan  

SUMBAWA – Badan Pengawas Pemiliham Umum (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, mulai melakukan persiapan pembentukan Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dalam Pemilu serentak 2024.

Dari 72 anggota Panwascam yang akan direkrut, 30 persen merupakan keterwakilan perempuan. Anggota Panwascam ini tersebar di 24 kecamatan. Nantinya, tiap kecamatan mendelagasikan 3 orang sebagai anggota Panwascam. “Kita utamakan keterwakilan perempuan,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat, S.IP, saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/9).

Syamsi mengakui, jumlah keterwakilan perempuan dalam Panwascam selama ini belum mencapai kuota 30 persen. Contoh pada Pemilu serentak 2019 lalu. Ia menyebut jumlah keterwakilan perempuan tidak mencapai 10 persen.

”Makanya tahun ini kita maksimalkan sosialisasi agar keterwakilan (30 persen perempuan) tercapai sesuai amanat Undang-undang,” ujar Syamsi didampingi Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Sumbawa, Agusti.

Baca Juga:  Dandim 1607/Sumbawa Kini Dijabat Letkol Haris

Sosialisasi pembentukan Panwascam sendiri telah dimulai sejak 10 September dan berakhir 21 September mendatang. Sosialisasi dilakukan melalui website Bawaslu. Bawaslu juga telah bersurat ke semua pemerintah kecamatan.

Sementara pendaftaran calon anggota Panwascam akan diumumkan mulai 15-21 September. Dilanjutkan dengan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran 21-27 September. Penelitian kelengakapan berkas pendaftaran 28-30 September.

Pengumuman masa perpanjangan pendaftaran 1 Oktober, perpanjangan pendaftaran dan peberimaan berkas 2-8 Oktober. Penelitian berkas administrasi pendaftaran 9-11 Oktober.

Sementara pengumuman hasil penelitian berkas administrasi 12 Oktober. Dilanjutkan dengan tanggapan dan masukkan dari masyarakat 12-18 Oktober.

Setelah itu lanjut dengan tes tulis pada 14-16 Oktober. Pengumuman hasil tes tulis 17 Oktober dan tes wawancara 18-22 Oktober. Pleno penetapan anggota Panwascam 23-24 Oktober. Pengumuman hasil tes wawancara 25 Oktober, dan pelantikan 26-28 Oktober.

Baca Juga:  Wabup Novy Bersyukur MXGP Samota 2023 Dapat Atensi Luar Biasa Dari Masyarakat

Bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri dengan ketentuan antara lain, berusia minimal 25 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat dan tidak terdaftar sebagai anggota partai politik.

”Harapan kami yang ikut Panwascam ini putra putri terbaik Sumbawa. Diharapkan yang lulus sebagai Panwascam nanti adalah orang-orang yang memiliki integritas,” ujar Syamsi Hidayat. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *