Sambut MotoGP 2022, Sumbawa Siapkan Destinasi Wisata Unggulan

SUMBAWA – Pertamina Mandalika Internationa Street Circuit Lombok, masuk dalam kalender resmi perhelatan MotoGP 2022. Sirkuit yang juga sempat menggelar even dunia World Superbike (WSBK), bulan November 2021 lalu ini, bakal meraung kembali sekitar bulan Maret 2022 mendatang atau untuk seri kedua MotoGP 2022.

Gelaran MotoGP pada Maret 2022 itu, bakal menjadi magnet para wisatawan di seluruh dunia. Meski event internasional paling bergengsi tersebut dilaksanakan di Pulau Lombok, namun Pemerintah Kabupaten Sumbawa, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) setempat, siap menyambutnya. Salah satu ikhtiarnya, menyiapkan destinasi wisata unggulan untuk dipromosikan sebagai daya tarik bagi para tamu nantinya.

Sebenarnya selama ini upaya tersebut sudah mulai dilakukan melalui gencarnya promosi di berbagai event. Di antaranya mendirikan stand promosi wisata di event dunia World Superbike (WSBK) di Mandalika, November 2021 lalu. Selain itu Famtrip menjelajah Teluk Saleh menggandeng, HPI, ASITA dan sejumlah pengusaha travel dari Bali dan wisatawan mancanegara pada pertengahan November lalu.

Baca Juga:  Lantik PWRI Sumbawa, Bupati Minta Pengurus Beri Sumbangsih Untuk Kemajuan Daerah 

Rangkaian dari Famtrip ini, Dispopar Sumbawa menyajikan Wisata Minat Khusus Whale Shark atau Wisata Hiu Paus yang sangat langka. Pasalnya, Hiu Paus ini hanya ada dua lokasi di Indonesia. Tentu saja ini menjadi daya tarik bagi pengunjung MotoGP mendatang.

Tak hanya itu, Dispopar juga melakukan promosi wisata dan kesenian daerah pada arena Kongres Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Bogor Jawa Barat awal Desember kemarin. Sumbawa pun ditetapkan sebagai Ibu Kota Kebudayaan khususnya kategori Perubahan Iklim.

Sekretaris Dispopar Sumbawa, M Irfan SP, MM, belum lama ini menyebutkan sejumlah destinasi terus dibenahi menyambut gelaran MotoGP. Selain Pulau Moyo dan Wistata Hiu Paus di Labuan Jambu, Sumbawa juga memiliki Istana Tua Dalam Loka dan Istana Sultan Sumbawa sebagai cagar budaya pemerintahan masa lalu, serta sejumlah pantai yang indah dan menarik. Termasuk desa wisata yang selama ini sudah terpromosi dengan baik. “Ini bisa menjadi daya tarik para tamu saat gelaran MotoGP. Kita akan persiapkan semua, kata Ipun, sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Naik 1,16%, Segini UMK Sumbawa Tahun 2022

Persiapan yang dilakukan sambung Ipun, harus matang. Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi serta pihak-pihak terkait di daerah, sehingga momentum gelaran MotoGP bisa dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Sumbawa. Karena tak dipungkiri bahwa pariwisata menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan perekonomian daerah. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *