Pemda Sumbawa Siapkan Bonus Bagi Atlet PON XX Papua

SUMBAWA – Provinsi NTB berhasil mengoleksi 15 medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Dari 15 medali emas ini, 5 di antaranya disumbangkan atlit dari Kabupaten Sumbawa. Selain emas, atlit Sumbawa yang turun di 6 cabang olahraga (Cabor) juga menyumbangkan 1 medali perak dan 4 medali perunggu.

Medali emas disumbangkan Muhammad Ridwan (Lari 1.500 Meter), Safwaturrahman (2 medali emas Lompat Jauh dan Lompat Jangkit) serta 1 medali perunggu (Lari 4×100 meter.

Kemudian Dian Ekayanti 1 emas dan 1 perak (3000 M Halang Rintang dan Lari 1.500 M), Desi Ratnasari 1 emas (Voli Pasir). Selanjutnya medali perunggu disumbangkan Kurniawan (Boxer), Nasruddin (Tinju) dan I Kadek Oka Darma Putra (PSSI-Futsal).

Terhadap prestasi yang diraih para pahlawan olahraga ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa, memberikan perhatian khusus. Saat ini, Pemda bersama KONI sedang mempersiapkan prosesi penyambutan sebagai bentuk penghormatan yang diberikan kepada atlit yang telah mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Buka Rakerkab KONI, Bupati Harap Prestasi Olahraga di Sumbawa Meningkat 

Untuk persiapannya, Jum’at (22/10/2021), digelar Rapat Koordinasi yang dipimpin Asisten Pemerintahan dan Kesra, Varian Bintoro, S.Sos., M.Si, yang juga dihadiri Kadis Dikbud, Kepala BKPSDM selaku Sekretaris KONI, Kasat Pol PP, Plt Sekdis Kominfotiksandi, Kabag Prokopim dan jajaran KONI Sumbawa.

Dalam rapat itu ada beberapa persoalan penting yang dibahas. Di antaranya desiminasi media, prosesi teknis pelayanan dan penyambutan atlit (dari Mataram maupun saat berada di Sumbawa), upacara resmi apresiasi atlit, visualisasi promosi publik atlit pada jalan protocol Kota Sumbawa, dan lainnya.

Varian Bintoro, selaku Ketua Penyelenggaran Penyambutan Atlit, mengatakan, seremoni penyambutan ini harus memberikan kekhidmatan yang menempatkan atlit dan para stakeholder kunci cabang olahraga sebagai entitas yang terhormat.

Baca Juga:  MXGP of Indonesia Samota 2023 Resmi Dimulai

Selain penyambutan khusus, ungkap Varian, Pemda akan memberikan bonus senilai Rp 250 juta. Bonus ini untuk seluruh atlit termasuk wasit dan pembina cabang olahraga asal Kabupaten Sumbawa yang masuk dalam PON XX Papua.

Berdasarkan rekapitulasi atlit Provinsi NTB dalam PON XX Papua, dari Kabupaten Sumbawa terdapat 9 atlit dari 6 cabang olahraga. “Bonus ini diberikan saat upacara penyambutan, sebagai bentuk apresiasi atas prestasi dicapai para atlit,” ucap Varian. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *