Desa  

Pemdes Labuhan Sumbawa Salurkan BLT-DD Enam Bulan Sekaligus

SUMBAWA – Pemerintah Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas, telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahun 2021, hingga bulan Agustus lalu. Namun, penyalurannya tidak dilakukan setiap bulan. Ada yang langsung dua bulan. Bahkan enam bulan sekaligus. Seperti untuk bulan Agustus ini.

Kepala Desa Labuhan Sumbawa, Kamiruddin SAP, mengakui untuk bulan Agustus tersebut pihaknya menyalurkan BLT-DD enam bulan sekaligus. Rinciannya dari bulan Maret, April, Mei, Juni, Juli sampai Agustus. Itu artinya, masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan Rp 1,8 juta. Sebulannya, KPM ini mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000. Di Desa Labuhan Sumbawa sendiri, ada sebanyak 30 KPM yang berhak mendapatkan bantuan tersebut.

Baca Juga:  30 Persen Warga di Desa Uma Beringin Belum Divaksin

Kebijakan ini diambil menurutnya, karena dana untuk penyaluran BLT-DD ini baru masuk ke rekening desa. Selain itu, penyaluran enam bulan sekaligus ini dirasakan lebih besar manfaatnya ketimbang dibagikan setiap bulan.

Untuk bulan September kata Bang Kem, sapaan akrabnya, dananya sudah ada. Apakah dirapel juga atau dibagikan untuk satu bulan saja, ia menegaskan masih mempertimbangkannya. “Tapi kalau menurut hemat saya, sebaiknya dirapel saja minimal dua bulan, supaya lebih bermanfaat,” ujarnya.

Bang Kem mengatakan, secara umum bantuan yang diberikan sudah dimanfaatkan warganya untuk memenuhi kebutuhan pokok selama masa pandemi. Ini tetap diingatkan setiap penyaluran dilakukan. “Alhamdulillah, bantuan yang diberikan sudah digunakan sesuai peruntukkannya. Kita juga tetap cek ke lapangan,” pungkasnya.  (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *