Banjir Prestasi UNSA di Malam Puncak Dies Natalis ke-25

SUMBAWA – Universitas Samawa (UNSA) mengukir pencapaian yang luar biasa pada tahun 2023 ini. Berbagai prestasi berhasil diraih. Tidak hanya secara kelembagaan, tapi prestasi ini juga diraih dosen dan mahasiswanya.

Rektor UNSA, Prof Dr. Syaifuddin Iskandar M.Pd saat menutup malam puncak kegiatan Dies Natalis ke-25 Universitas Samawa (UNSA), Kamis (28/12) malam, mengakui raihan prestasi yang dicapai UNSA pada tahun 2023 ini. Berbagai prestasi ini membuktikan bahwa UNSA semakin berkembang dan berkualitas. Prestasi ini juga bagian dari apresiasi sejumlah pihak atas konstribusi UNSA bagi masyarakat, daerah, dan bangsa.

Beberapa prestasi ini di antaranya, penghargaan Perguruan Tinggi Partisipasi terbanyak dalam program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2023. Penghargaan Perguruan Tinggi Partisipasi terbanyak dalam program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Tahun 2023. Penghargaan Perguruan Tinggi Partisipasi terbanyak dalam program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Insentif Tahun 2023.

Kemudian, Penghargaan Perguruan Tinggi Pendanaan Hibah Penelitian Kerjasama Dalam Negeri Terbanyak Tahun 2023. Penghargaan Perguruan Tinggi Partisipasi Dosen terbanyak dalam merespon Instrumen Kinerja Dosen Tahun 2023. Kemudian, mahasiswa mewakili wilayah dalam kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Nasional (LKMM TN) atas nama M. Solihin (MSP). Pemandu LKMM TM Tingkat Wilayah Tahun 2023 atas nama Dr. Neri Kautsari, M.Si. Presenter terbaik kategori mahasiswa dalam kegiatan Seminar Nasional Pengelolaan Perikanan dan Kelautan Tahun 2023 diraih oleh Petira Rimba Hidayat Mahasiswa MSP.

Berikutnya, peraih Dana Hibah Book Chapter Pengelolaan Sumberdaya Perairan Berkelanjutan dari Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN) atas nama Dr. Neri Kautsari, M.Si. Keterlibatan Mahasiswa dalam Riset bersama mitra Badan Riset dan lnovasi Nasional (BRIN), Yayasan Bentang Laut Sunda Kecil oleh Mahasiswa Program Studi Sumber Daya Perairan Fakultas Peternakan dan Perikanan. Prestasi Hibah Penelitian dan Pengabdian, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Tahun 2023. Prestasi Program Gerakan Nasional Revolusi Mental Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia dan Forum Rektor Indonesia Tahun 2023.

Baca Juga:  Pesan Mendikbudristek Diperingatan HUT PGRI dan HGN Tahun 2021 

Prestasi lainnya adalah penghargaan atas Kinerja Sangat Baik dalam proses pendampingan sertifikasi Produk Halal bagi UMK/IKM Kabupaten Sumbawa Tahun 2023. Apresiasi Transfumi “Garda Terbaik Nasional Tahun 2023” atas nama Okta Handayani Mahasiswa Program Studi Manajemen. Penghargaan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) Tahun 2023 katagori Best Academic Social Impact Initiative dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia atas nama Roos Nana Sucihati, SE., M.M. Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Pemenang Program Hibah Kampus Mengajar (KM) & Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi Tahun 2023.

“Kita umumkan berbagai prestasi ini agar pemimpin Sumbawa mengetahui keberadaan UNSA. Paling tidak berdampak pada minat masyarakat untuk tetap memilih UNSA sebagai tempat melanjutkan pendidikan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor yang akrab disapa Prof Ude ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak termasuk Pemda Sumbawa dan Sumbawa Barat yang telah memberikan konstribusinya bagi kemajuan dan peningkatan akreditasi UNSA. Ia berharap ke depan konstribusi ini semakin ditingkatkan dengan berbagai kerjasama yang terjalin.

Sementara itu Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. Musyafirin MM menyampaikan bahwa pada usia ke-25 tahun ini, UNSA telah banyak berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan daerah ini. Dengan dedikasi dan konstribusinya yang sangat nyata ini, sehingga tidak ada alasan bagi Pemda Sumbawa dan Sumbawa Barat untuk tidak memberikan dukungan, agar kampus biru tersebut semakin maju dan berkembang. “Semoga UNSA tetap tangguh dan unggul untuk terus menghasilkan karya dan mahasiswa berkualitas,” ucapnya.

Baca Juga:  Aryan Pradana Putra Terpilih Sebagai Ketua DPD KNPI Sumbawa 

Ketua DPRD Sumbawa, Abdul Rafiq SH menyatakan hal yang sama. UNSA dengan usianya yang semakin matang, menurut Rafiq, telah memberikan konstribusi yang besar bagi kemajuan daerah ini. Ia mengapresiasi banyaknya prestasi yang telah diraih UNSA. Tentunya prestasi ini menjadi motivasi untuk terus berkarya yang secara tidak langsung berdampak positif bagi masyarakat dam daerah.

“Jangan cepat berpuas diri dengan prestasi yang telah dicapai, jadikan pemacu dan pemicu untuk terus ditingkatkan. Kami di DPRD tetap berkomitmen untuk memberikan sumbangsih dan berbuat maksimal bagi kemajuan kampus ini. Karena kami yakin UNSA menjadi garda terdepan dalam memajukan pendidikan di daerah ini,” ungkap Rafiq yang tercatat sebagai mahasiswa S2 Agribisnis Universitas Samawa.

Untuk diketahui, malam puncak Dies Natalis UNSA ini dihadiri Bupati Sumbawa dan para kepala OPD, Bupati Sumbawa Barat beserta jajaran, Sekda Sumbawa, Pimpinan dan Anggota DPRD Sumbawa, para tokoh, Ketua PWI Sumbawa, dan segenap civitas akademika UNSA. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *