Bupati Sampaikan Capaian Pembangunan di Kabupaten Sumbawa 

SUMBAWA – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah membeberkan capaian pembangunan dan prestasi kabupaten pada peringatan HUT Kabupaten Sumbawa ke-64. Capaian ini sejalan dengan tema HUT “Bangkit dengan Gemilang, Bersama dalam Keberadaban”.

Diuraikan Bupati dalam sambutannya saat menjadi Inspektur Upacara HUT Sumbawa, Minggu (22/1), bahwa Kabupaten Sumbawa berhasil meraih Anugerah Meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara dengan kategori baik. Predikat ini berkaitan dengan manajemen ASN.

Selanjutnya dalam ikhtiar membangun ekosistem industri halal, saat ini Pemerintah Kabupaten Sumbawa sedang melakukan terobosan yang sistemik melalui pembentukan Halal Center Kabupaten Sumbawa, yang telah berhasil meraih berbagai penghargaan tingkat nasional.

Antara lain, Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2022, Best Halal Program Support pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022, dan Best Halal Innovation pada Indonesia Halal Industry Awards (IHYA) 2022.

Kemudian berdasarkan hasil verifikasi Tim Provinsi NTB, pada tahun 2022 Kabupaten Sumbawa telah dinyatakan tuntas pilar 2,3,4, dan 5 STBM dengan predikat baik. Pencapaian ini berhasil mengantarkan Kabupaten Sumbawa menerima STBM Award dari Menteri Kesehatan.

Dalam ikhtiar percepatan penurunan stunting, lanjut Bupati, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih penghargaan terbaik 1 tingkat Provinsi NTB. Selain itu mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama tahun 2022.

Dalam hal keterbukaan informasi publik, pada tahun 2022, Kabupaten Sumbawa meraih predikat sebagai badan publik informatif berdasarkan hasil evaluasi Komisi Informasi Provinsi NTB.

Baca Juga:  Laporan Belum Masuk, DD Tahap III Untuk 38 Desa Belum Diproses 

Selanjutnya pada awal tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Sumbawa juga telah menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan RI. UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan untuk memastikan setiap warga memiliki akses kesehatan yang adil dan bermutu, serta perlindungan risiko finansial ketika warga menggunakan pelayanan kesehatan, dengan hanya membawa KTP atau Kartu Keluarga.

Disebutkan Bupati, berbagai program strategis lainnya juga bergerak simultan sesuai Visi-Misi “Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”. 10 Program Unggulan Daerah juga sudah mulai terealisasi sejak tahun 2021 dan terus berproses hingga saat ini.

Selain memacu program unggulan di berbagai sektor, di tahun 2023 ini, sambung Bupati, agenda-agenda pembangunan dan investasi berskala besar juga tengah diikhtiarkan. Groundbreaking pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong telah dilaksanakan. Demikian mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru di kawasan Samota terus diupayakan dengan menghadirkan event internasional MXGP Samota 2022 dan MXGP Samota 2023.

Untuk diketahui, balutan busana adat Sumbawa yang dikenakan para tamu undangan mewarnai perhelatan upacara peringatan HUT ke-64 Kabupaten Sumbawa.

Hadir di antaranya Asisten III Pemprov NTB Wirawan Ahmad yang mewakili Gubernur NTB, Wakil Bupati Sumbawa, Sultan Muhammad Kaharuddin IV, Anggota DPR RI, Hakim Agung, Pejabat Kementerian, Anggota DPRD Provinsi NTB, Bupati/Walikota se-Provinsi NTB, mantan Bupati Sumbawa, Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTB, Anggota Forkopimda Sumbawa, kepala OPD, pimpinan perusahaan, pimpinan perbankan, para tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan kepala desa se Kabupaten Sumbawa.

Bertindak sebagai Perwira Upacara, AKP. Sumardi, S.Sos (Kasi Humas Polres Sumbawa), dan Komandan Upacara, Awaluddin, S.AP., MM.Inov (Kapolsek Lape). Pembawa Bendera Panji Lambang Kabupaten Sumbawa, Pasukan Tanda Kehormatan dari Anggota Satpol-PP Sumbawa.

Baca Juga:  Dinas Damkar Sumbawa Rencanakan Buka 6 Zona Baru 

Kemudian, Komandan Kelompok Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih, Andi Fasha Lino Asis (Siswa SMAN 1 Sumbawa), Pembawa Baki, Luna Fitri Almirah (siswi SMAN 1 Sumbawa), Pengerek Bendera, M. Hizam Algazali (Siswa SMA IT Sumbawa), Pembentang Bendera, Muhammad Nabil (siswa SMAN 1 Sumbawa), Pembawa Bendera, Akbar Zamzami Mahendra (siswa SMAN 2 Sumbawa).

Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih ini merupakan putera-puteri terbaik Kabupaten Sumbawa di bawah binaan Purna Paskibraka Indonesia Sumbawa dan Salahuddin, SH. Selain itu, Upacara HUT ke-64 Sumbawa juga dimeriahkan oleh penampilan Korsik Drumband Simphony Sabalong Samalewa Persatuan Drum Band Indonesia abupaten Sumbawa, Orkestra Kolaborasi Paduan Suara PGRI, Paduan Suara Gita Kencana, dan Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPRI) Sumbawa.

Tak hanya itu Parade Semapur persembahan siswa-siswi SDN 2 Juru Mapin Kecamatan Buer juga ikut menyemarakan HUT Sumbawa tersebut. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *