Triwulan III, Serapan APBD Sumbawa TA 2022 Baru 49,10 Persen 

SUMBAWA – Serapan APBD tahun anggaran 2022 di Kabupaten Sumbawa, masih rendah. Hingga triwulan ketiga, anggaran yang berhasil diserap baru 49,10 persen.

“Sampai triwulan ketiga penyerapan anggaran tahun 2022 baru mencapai 49,10 persen,” ungkap Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Setda Sumbawa, H. Yudi Patria Negara, saat ditemui Jum’at (11/11).

Dijelaskan, kendala dari masih rendahnya serapan anggaran di triwulan ketiga tersebut, karena banyak paket pekerjaan besar yang menargetkan penyelesaiannya pada triwulan ke empat. “Banyak yang targetnya di bulan November dan Desember, makanya di triwulan tiga masih rendah,” ujarnya.

Disebutkannya, total paket lelang pada tahun ini berjumlah 64 paket, dan semua sudah berproses. Ada beberapa pejerjaan besar yang belum tuntas seperti yang ada di Dinas PUPR, Dinas Pertanian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, serta lainnya.

Baca Juga:  Langkah P2KBP3A Sumbawa, Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak

Untuk itu, Haji Yudi menekankan kepada konsultan pengawas dan PPK untuk lebih sering melakukan monitoring lapangan. Apalagi saat ini sudah masuk triwulan ke empat, sehingga pekerjaan harus digenjot.

“Untuk meningkatkan serapan itu, maka perlu mempercepat proses pengerjaan, tanpa mengabaikan kualitas. Hasil pantauan kami selama ini bervariasi, ada yang bagus, ada juga beberapa yang kurang. Sehingga ini yang kita minta ke konsultan pengawas dan PPK untuk lebih sering lakukan monitoring,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *