Tingkatkan Minat Baca, Dispussip Sumbawa Bangun Ruang Pelayanan Perpustakaan 

SUMBAWA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sumbawa, membangun ruang pelayanan perpustakaan yang baru. Ini dimaksudkan untuk lebih meningkatkan lagi minat baca masyarakat di Kabupaten Sumbawa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Sumbawa, H. Syahril, S.Pd, saat ditemui, Jum’at (18/11) mengatakan, perubahan pelayanan harus dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Karena itu, pihaknya membangun ruang pelayanan perpustakaan yang baru. Ruangan ini bukan hanya menjadi ruang baca konvensional saja, melainkan juga menjadi ruang baca digital.

Menurutnya, hal ini dilakukan guna meningkatkan minat literasi masyarakat. Sebab, minat baca masyarakat Kabupaten Sumbawa tidak terlalu rendah dan tidak terlalu tinggi. Karena itu, perlu ada inovasi yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Untuk mencapai hal itu, tidak hanya bisa dilakukan dengan sosialisasi saja. Namun juga harus mengembangkan model bahan bacaan yang terbarukan, sesuai dengan jamannya. Dengan adanya ruang pelayanan perpustakaan yang baru ini, diharapkan Kabupaten Sumbawa akan memiliki ruang baca digital.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Lepas 10 Peserta PLKI Tahun 2023 

Menurut Haji Sahril, sebenarnya banyak kiat yang bisa dilakukan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Namun, pihaknya masih terkendala sumber daya yang sangat terbatas. Karena itu, sumber daya yang ada, akan dimaksimalkan semaksimal mungkin.

Haji Syahril mengungkapkan, saat ini progres pembangunan gedung pelayanannya sudah mencapai 70 persen. Kontraknya akan berakhir pada 4 Desember 2022 mendatang. Pihaknya optimis pembangunannya tuntas tepat waktu. “Sejauh ini tidak ada deviasi pembangunan, karena semua bahannya adalah pabrikasi,” ujarnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *