Tekan Kasus Covid-19, Dikes Sumbawa Gencarkan Vaksinasi Booster 

SUMBAWA – Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa Kembali akan menggencarkan pemberian vaksinasi dosis ke III atau dosis Booster untuk masyarakat umum. Hingga 31 Oktober 2022, capaian vaksinasi untuk dosis I mencapai 96,21 persen atau 371.748 sasaran. Dosis II mencapai 83,18 persen atau 321.424 sasaran, dan Dosis III (Booster) mencapai 36,84 persen atau 122.246 sasaran.

“Percepatan vaksinasi, itu yang akan membantu mengurangi penularan agar ketahanan tubuh meningkat. Kita di Sumbawa masih rendah capaiannya. Kita akan tingkatkn percepatan vaksinasi lagi,” kata Kepala Bidang Pemberantasan, Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3PL) Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Sumbawa, H. Sarip Hidayat, saat ditemui di ruang, Senin (07/11).

Ia menyebutkan, sebelum menggecarkan kembali vaksinasi Booster, akan membangun koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Seperti TNI, Polri, pemerintah kecamatan, dan pemerintah desa dalam pengerahan sasaran.

Baca Juga:  Tuntaskan Jalan Batu Dulang-Tepal, Pusat Kucurkan Dana 67 M 

“Kita sudah diskusi dengan pak kadis, bahwa begitu meningkat kasus ini kita harus bangun lagi kerjasama, koordinasi lintas sektor. Dengan meningkatnya kasus ini, kita harus segera melakukan percepatan vaksinasi lagi. Terutama untuk yang booster yang masih rendah capaiannya,” jelasnya.

Diungkapkan, sejauh ini ketersediaan vaksin dan SDM mendukung untuk melakukan percepatan vaksinasi booster. “Ketersediaan vaksin kita saat ini, ada. Dan ketersediaan SDM kita siap untuk itu, timnya sudah ada dan siap. Selain itu penerapan protokol kesehatan akan dikuatkan lagi,” ujarnya.

Dikatakan, sejauh ini belum ada konfirmasi dari Kementerian Kesehatan tentang rencana droping vaksin Inavac. “Setiap ada penambahan antigen baru atau vaksin. Maka kementerian Kesehatan akan langsung droping ke daerah. Tapi sampai dengan hari ini kita, sumbawa belum ada. Sampai hari ini kita dropingnya Pfizer,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *