Soal Peralihan TV Digital, Sumbawa Masih Tunggu Petunjuk 

SUMBAWA – Pemerintah pusat telah mencanangkan peralihan TV analog ke TV digital. Namun, hingga saat ini, Pemda Sumbawa belum mendapatkan petunjuk terkait penerapannya di Kabupaten Sumbawa.

Kabid Pengelolaan Komunikasi dan Informasi Publik, Diskominfotiksandi Kabupaten Sumbawa, Andry Dewanto mengatakan, mekanisme peralihan dari TV analog ke digital akan dilaksanakan secara bertahap dan berkala. Informasi tersebut memang sudah dimasifkan oleh pemerintah pusat pada awal tahun ini.

Peralihan ini kata Andry, saat ditemui, Kamis (3/11), awalnya difokuskan pada sejumlah kota besar di Pulau Jawa dan sejumlah tempat lainnya. Sementara di NTB sendiri, peralihan akan dilaksanakan terlebih dahulu di Pulau Lombok. Kemudian dilaksanakan secara bertahap di Pulau Sumbawa.

Baca Juga:  Mutasi Perdana Mo-Novy, 14 Pejabat Eselon II Digeser

Terkait hal ini pihaknya tetap berkoordinasi dengan Pemprov NTB. Baik itu Balmon dan Dinas Komunikasi Informasi dan Tekhnologi NTB kaitan rencana peralihan ini.

Sementara mengenai petunjuk pelaksanaan dan petunjuk tekhnisnya secara resmi juga belum didapatkan. Hingga saat ini, pihaknya juga masih menunggu petunjuk tersebut dari Pemprov NTB. “Juklak Juknisnya masih kita tunggu,” ujar nya.

Lebih lanjut Andry mengatakan, sosialisasi awal juga sudah pernah beberapa kali dilakukan. Dalam sosialisasi itu muncul pertanyaan apakah peralihan ini akan dibarengi dengan bantuan peralatan atau tidak. Masyarakat juga bertanya apakah peralatan tersebut harus dibayar atau tidak. Apakah penerapan TV digital ini sepeti menggunakan TV berlangganan atau tidak, juga menjadi pertanyaan masyarakat.

Baca Juga:  Bupati Lantik dr. Nieta Jadi Direktur RSUD Sumbawa 

Mengenai hal itu, tentunya akan dikoordinasikan kembali dengan Pemprov NTB. Untuk kemudian akan kembali diinformasikan kepada masyarakat. “Kami tetap berkoordinasi dengan pihak Pemprov,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *