Balonnya Lebih 5 Orang, Besok 3 Desa Gelar Seleksi Tambahan 

SUMBAWA – Sebanyak 25 bakal calon (balon) kepala desa dijadwalkan mengikuti seleksi tambahan yang akan dilaksanakan Jum’at  (14/10) besok. Tercatat ada 3 desa yang mengelar seleksi tambahan ini karena balonnya lebih dari 5 orang. Yakni Desa Labuhan Jambu Kecamatan Tarano, Desa Mokong Kecamatan Moyo Hulu dan Desa Kakiang Kecamatan Moyo Hilir.

“Sekarang sudah masuk tahapan hasil pengumuman pelaksanaan kelengkapan dan keabsahan balon. Insya Allah, besok ada 3 desa yang melaksanakan seleksi tambahan karena balon kadesnya lebih 5 orang,” ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa, melalui Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Anhuyas, S.STP., M.Si., saat ditemui, Kamis (13/10).

Baca Juga:  Pemda Sumbawa Terus Berikhtiar Wujudkan KLA

Uchas sapaan akrab pejabat muda ini menyebutkan, di Desa Labuhan Jamu ada 11 balon yang akan mengikuti seleksi tambahan, Desa Mokong 8 orang dan Desa Kakiang 6 orang.

Dijelaskannya, ketentuan pelaksanaan seleksi tambahan diatur oleh panitia independen. Panitia pemilihan sendiri telah menunjuk atau merekomendasikan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) untuk menjalankan tugas tersebut (melakukan seleksi tambahan).

Seleksi akan dilaksanakan sejak pukul 08.00 sampai 15.30 Wita. Materi tes meliputi Potensi Akademik (TPA), psikologi dan Tes Leaderless Group Discussion (LCD).

Di hari yang sama, hasil seleksi akan diserahkan oleh panitia independen kepada panitia pemilihan kepala desa. “Nanti panitia pemilihan kepala desa sampaikan (hasil) itu kepada peserta,” ucapnya.

Baca Juga:  Sumbawa Jadi Tuan Rumah Lomba Qasidah dan Bintang Vokalis Se NTB 

Tahapan berikutnya setelah seleksi,  melakukan penetapan dan penarikan nomor urut calon oleh panitia masing-masing desa. “Pemilihan tanggal 2 November. Sebelumnya ada masa tenang tiga hari. Kampanye juga tiga hari,” pungkasnya. (PS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *