Pentingnya Profesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan 

Oleh : Mukhlis Malik & Rosita 

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Universitas Muhammadiyah Mataram 

Faktor yang paling penting dalam mewujudkan tujuan pendidikkan  di Indonesia adalah profesionalisme guru dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Permasalahan  dewasa ini banyak anak didik yang bingung setelah selesai menyelesaikan pendidikannya. Semakin banyak pengangguran berartisemakin banyak pula pendidikan  yang menampakkan kurangnya kualitas. Lembaga pendidikan yang seharusnya  mencetak anak didik yang  siap pakai  dan berilmu menjadi hilang, disebabkan kulitas guru yang tidak  professional. Dari sini kita menunjukkan bahwa profesionalisme sangat penting bagi guru dan menjadi  tuntutan  dalam sebuah profesi  sehingga ada undang-undang  yang mengatur tentang kewajiban bagi guru professional.

Salah satu komponen suatu sekolah sebagai sebuah sistem adalah guru. Guru merupakan  pendidik professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan  mengevaluasi peserta didik pada pendidikan  anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Guru memegang peran yang sangat  penting  dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. Untuk itu, di perlukan guru yang kreatif dan menyenangkan sehingga mampu menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, suasana  pembelajaran yang menantang dan mampu membelajarkan dengan menyenangkan. Hal ini penting, terutama dalam setiap pembelajaran  guru memiliki peranan yang sangat sentral, baik sebagai perencanaan, pelaksana maupun evaluator pembelajaran.

Baca Juga:  Peran Guru Dalam Supervisi Pendidikan

Profesi adalah suatu pekerjaan dalam  melaksanakan tugasnya memerlukan/menuntut keahlian, menggunakan teknik- teknik ilmiah, serta dedikasi tinggi. Kata profesi di artikan sebagai bidang  pekerjaan yang dilandasi  pendidikan keahlian (keterampilan, kejujuran, dan sebagainya) tertentu. Di dalam profesi guru di tuntut adanya keahlian dan etika khusus serta standar layanan.

Profesionalisme adalah suatu pandangan  terhadap keahlian tentertentu yang diperlukan dalam pekerjaan tertentu, yang mana keahlian itu hanya di proleh melalui pendidikan khusus atau latihan khusus. Pendidkan dan pelatihan merupakan upaya untuk mengembangkan sumber daya guru-guru, terutama untuk peningkatan profesionalisme yang berkaitan dengan keterampilan. Profesionalisme sangat penting twerhadap sosok yang berprofesi  sebagai seorang guru dan menjadi  tuntutan dalam  sebuah profesi. Profesionalisme membutuhkan sebuah keterampilan dan keahlian yang harus di miliki seorang guru dalam pekerjaanya. Keterampilan dan keahlian dalam suatu bidang tertentu dan juga tentunya memerlukan waktu untuk memeperlajarinya.

Baca Juga:  Pentingnya Penerapan Kode Etik Guru Dalam Proses Pembelajaran 

Guru professional haruslah memeiliki keahlian, keterampilan dan kemampuan sebagaimana filosofi Ki Hajar Dewantara sebagai bapak pendidikan kita yang mengatakan, guru professional itu tidak cukup hanya menguasai pembelajaran akan tetapi juga harus mengayomi anak didik menjadi teladan serta selalu memotivasi anak didik untuk lebih baik dan maju. Guru professional akan bekerja hanya semata-mata memberikan pelayanan kemanusian daripada usaha untuk kepentingan pribadi. Dalam menumbuhkan sikap mental, guru harus lebih bijak dan hati-hati dalam pendekatan kepada anak didik, untuk itu membutuhkan kecakapan mengarahkan motivasi dan berpikir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *