Manfaat dan Kendala Administrasi Pendidikan Dalam Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah 

Oleh : Purnawirawan 

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam

Universitas Muhammadiyah Mataram

Administrasi pendidikan merupakan salah satu yang menjadi hal yang sangat penting di perhatikan dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah,karena segala sesuatu  komponen yang ada dalam penyelenggaraan di sekolah tentu ada kaitannya dengan administrasi, administrasi sangat berperan dalam kelancaraan penyelenggaran di sekolah  seperti mengkoordinasi setiap bagian sehingga akan lebih mudah dalam penyelenggaran secara administrasi dalam sekolah.

Namun banyak terjadi kesalahan dalam sekolah ketika kurang di perhatikannya administrasi pendidikan seperti kurangnya penunjang yang memadai,kurangnya manajemen yang di terapkan dalam sekolah, kurangnya dana, banyaknya penggelapan dana yang di lakukan kepala sekolah atau guru, dan kurangnya kerja sama sekolah lain.

Baca Juga:  Gender dan Kesetaraan Gender Dalam Hal Pendidikan 

Oleh karena itu tenaga kerja yang ada dalam sekolah perlu memahami atau mengetahui administrasi entah dari fungsi manfaat kegunaanya dalam penyelenggaraan di sekolah. Adapun manfaat administrasi pendidikan yang perlu kita ketahui seperti :

• Melancarkan operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan di sekolah.

• Mampu mempersiapkan situasi atau kenyamaan pendidikan di sekolah.

• Memudahkan para tenaga kerja di sekolah dalam penerapan menejemen.

• Membantu penyusunan program kerja dengan mudah.

Mengapa demikian yang perlu kita perhatikan ? dikarenakan profesi keguruan merupakan kegiatan pendidikan untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang administrasi, hal ini sangat perlu diperhatikan karena bagusnya generasi baru tergantung pada bagusnya fasilitas dalam ranah pendidikan entah dalam prasarana sekolah dan guru yang professional. (*)

Baca Juga:  Stop Politik Uang, Bersihkan Citra Demokrasi

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *